Bandara Adi Sucipto Ditutup, Ratusan Penumpang Kembalikan Tiket

Pesawat Dibalut Abu Vulkanik Kelud
Sumber :
  • Ali Masykur Musa
VIVAnews -
Satu Jemaah Haji Asal Lubuk Linggau Meninggal di Madinah, Dimakamkan di Baqi
Bandara Adi Sucipto Yogyakarta ditutup total akibat letusan Gunug Kelud, Kamis malam, 13 Februari 2014. Akibat penutupan bandara, ratusan penumpang terpaksa mengembalikan tiket pesawat dan meminta kembali uang untuk menggantnyai dengan transportasi lain.

Kiai Marzuki Mustamar Muncul di Bursa Pilgub Jatim, Khofifah Masih Posisi Teratas

Ada juga yang memilih untuk menunda keberangkatan hingga bandara kembali dibuka. Hingga kini belum diketahui sampai kapan Bandara Adi Sucipto akan dibuka kembali. Pasalnya, setelah hujan abu reda, pihak Angkasa Pura baru akan membersihkan pesawat dan
Detik-detik Menegangkan Pesawat Rombongan Jemaah Haji Sulsel Terbakar di Udara
runway yang masih tertutup abu.


Pengelola Bandara Adi Sucipto terpaksa menghentikan pelayanan penerbangan sementara.


"Sejak penerbangan pertama tadi, jam 6 pagi, sudah ditutup karena abu berbahaya dan menganggu mesin pesawat," ujar Humas Bandara Adi Sucipto Faizal Indra Kusuma, saat dihubungi
VIVAnews.


Menurut Faizal, ketebalan abu di landasan pesawat bandara ini sekitar satu sentimeter (cm), sedangkan jarak pandang mencapai 200 meter. Jarak pandang ini tidak aman untuk mendarat dan lepas landas.


Pesawat-pesawat yang semula akan mendarat di Bandara Adi Sucipto, lanjutnya, terpaksa mendarat di bandara lain yang lebih aman.


Hari ini, kata Faizal, ada 67 penerbangan reguler yang ditunda. "Kami belum bisa memastikan, sampai kapan kami tutup," ujar Faizal. (ms)


Laporan Sigit Pamungkas, ANTV Yogyakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya