Dentuman Letusan Kelud Terdengar dari Jarak Ratusan KM

Gunung Kelud Meletus
Sumber :
  • Topik ANTV
VIVAnews - Gunung Kelud meletus pada Kamis malam, 13 Februari 2014, sekitar pukul 22.50 WIB. Sampai pagi ini, hujan abu vulkanik tebal masih terjadi di daerah sekitar gunung di Kediri, Jawa Timur, itu.
Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Warga langsung dievakuasi ke tempat pengungsian melalui jalur-jalur yang telah dipersiapkan petugas tanggap darurat. Aparat TNI dan Polri terlihat aktif dalam proses evakuasi tersebut.
Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Daerah yang terdampak langsung letusan itu antara lain Kecamatan Kepung, Puncu, Plosoklaten dan Ngancar. Posko utama pengungsian di Kecamatan Wates.
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Namun, dahsyatnya letusan mengakibatkan tempat pengungsian digeser. Berdasarkan laporan siaran langsung reporter tvOne dari radius 10 kilometer letusan, sampai pagi ini proses itu masih berlangsung.

Hujan abu vulkanik juga dirasakan warga di Gunung Kidul, Yogyakarta. Mereka merasakan sejak dini hari tadi sampai pagi ini. Hujan abu yang sangat pekat tersebut mengganggu aktivitas warga dan membatasi jarak pandang di sepanjang jalan.

Hujan abu vulkanik cukup pekat terjadi di jalan-jalan  protokol di kota Wonosari sejak pukul 3 dini hari tadi. Kondisi ini membuat jarak pandang sangat terbatas, yakni hanya sejauh kurang lebih 15 meter sehingga para pengguna jalan diminta waspada.

Warga juga terpaksa memakai masker saat di luar rumah dan dalam perjalanan. Jarak gunung Kelud di Kediri dengan Kabupaten Gunung Kidul sekitar 350 kilometer. Selain hujan abu, dentuman letusan Gunung Kelud juga terdengar sampai di wilayah ini. (one)

Laporan: Lucas Didit - tvOne Yogyakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya