Gunung Kelud Naik ke Level Tertinggi, Ini Rekomendasi PVMBG

Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur.
Sumber :
  • kedirikab.go.id
VIVAnews
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
– Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan peningkatam status Gunung Kelud di Jawa Timur ke level tertinggi, yakni level IV atau awas, per pukul 21.15 WIB, Kamis 13 Februari 2014.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Untuk itu PVMBG merekomendasikan agar wilayah dengan radius 10 kilometer dari kawah Kelud segera dikosongkan seluruhnya. Berdasarkan catatan PVMBG, dalam radius 5 kilometer dari kawah gunung saja, ada sekitar 100 orang penduduk.
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban


“Kami telah menyampaikan kepada pemerintah daerah di sekitar Kelud, yaitu Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang untuk menindaklanjuti rekomendasi PVMBG terkait kondisi Gunung Kelud,” kata Kepala PVMBG Hendrasto.


Aktivitas Gunung Kelud terus meningkat pekan ini. Selasa kemarin, dalam setengah hari terjadi 90 kali gempa vulkanik dalam di Kelud. Aktivitas kegempaan ini terus dihitung setiap enam jam.


Gunung Kelud memiliki siklus letusan 12-15 tahun sekali. Arsip menyebutkan, Kelud mulai meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, 1990. Terakhir, erupsi Gunung Kelud terjadi pada 16 Oktober 2007.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya