ESDM Sebut Uang Rp2 M yang Disita Honor Karyawan, KPK akan Klarifikasi

Kasus dugaan suap Kepala SKK Migas
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVAnew
Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
– Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menyita uang Rp2 Miliar saat menggeledah gedung Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara (PPBMN). Namun Kementerian ESDM mengatakan uang itu tak ada kaitannya dengan kasus korupsi yang menjerat Sekjen ESDM Waryono Karno.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Saleh Abdurrahman menyatakan uang tersebut untuk membayar tunjangan pegawai dan tenaga ahli yang terlibat dalam menyelesaikan program-program di kementeriannya.
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping


Menanggapi pernyataan Kementerian ESDM itu, Juru Bicara KPK Johan Budi mengatakan KPK akan melakukan klarifikasi terhadap uang tersebut, termasuk apakah benar uang Rp2 miliar itu memang tunjangan pegawai atau tidak.


“Nanti kan diklarifikasi. Kalau memang itu uang honor, silakan dijelaskan. Pasti kan ada runtutannya kalau uang honor,” ujar Johan, Senin 10 Februari 2014.


Menurut Johan, sampai hari ini belum ada kesimpulan apakah uang tersebut terkait tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Waryono Karno atau tidak. “Belum ada kesimpulan itu uang gratifikasi. Masih harus diklarifikasi dulu kepada saksi-saksi,” kata dia.


Sebelumnya Kapuskom Kementerian ESDM Saleh mengatakan, uang miliaran yang disita KPK di sejumlah ruangan kantor PPBMN kementeriannya di Cikini, Jakarta Pusat, merupakan dana APBN. “Itu murni uang negara untuk membayar honor pegawai, staf kami, dan para tenaga ahli yang belum sempat dibagikan. Bukan terkait korupsi dan gratifikasi,” ujarnya.


Sejak Juli hingga Desember 2013, kata Saleh, para staf dan pegawai Kementerian ESDM belum menerima tunjangan kinerja. Sampai akhirnya dana yang disimpan dalam berbagai amplop itu disita KPK. “Uang yang disita KPK itu ada dalam 2.500 amplop,” ujar dia.


Selain uang, penyidik KPK juga menyita sejumlah dokumen serta data elektronik dalam bentuk flash disk dan hard disk. Semua barang yang disita itu diduga masih berkaitan dengan sangkaan yang .
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya