Laut Timur Sumatera Tertutup Kabut Asap

Ilustrasi/Kebakaran hutan di Pelalawan, Riau
Sumber :
  • Antara/ FB Anggoro
VIVAnews -
Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap
Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau kini mulai berdampak ke Jambi. Sebagai provinsi tetangga yang terdekat, Jambi mulai merasakan asap pekat akibat kebakaran hutan.

Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk

Kabut asap sangat terasa di daerah yang berbatasan langsung dengan Riau, seperti Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Daerah yang berada di pinggir laut timur Sumatera tersebut kini mulai ikut diselimuti kabut asap yang cukup pekat.
Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Berhasil Finis Kelima di Trofeo Andrea Margutti


Kabut asap pekat terkonsentrasi di kawasan Sungai Pengambunan, Kualatangkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, hingga ke laut timur Sumatera.


Menurut warga, kabut asap ini mulai terasa sejak sepekan terakhir, dan terus bertambah pekat seiring meluasnya kebakaran hutan di Provinsi Riau.


Bahkan, di daerah perairan, jarak pandang dilaporkan kini sangat terbatas, lebih kurang hanya sejauh lima puluh meter, terutama ketika waktu pagi dan petang.


Akibat kabut asap yang menyelimuti perairan laut timur Sumatera, aktivitas nelayan untuk melaut terganggu lantaran kemampuan pandangan mata berkurang.


Guna mencegah adanya kecelakaan di laut akibat jarak pandang yang terbatas, nelayan akhirnya melakukan kegiatan penangkapan ikan hanya di sekitar sungai. (art)


Bayu Alfarizi, Kemas Samsuri | TV One Jambi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya