Kebakaran Hutan di Riau Meluas, Kabut Asap Menyebar Hingga Jambi

Kebakaran hutan di Jambi picu kabut asap yang terbang hingga ke Riau
Sumber :
VIVAnews
Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
– Kabut asap kembali melanda kota Jambi, Jumat 7 Februari 2014. Akibatnya, jarak pandang di kota itu pagi ini terbatas, sekitar dua kilometer. Kabut asap ini muncul karena banyaknya titik api akibat kebakaran hutan di Provinsi Riau, yang bertetangga dengan Jambi.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Titik api meluas karena cuaca panas melanda Sumatera tiga minggu terakhir ini. Asap dari Riau menyebar hingga ke Jambi karena angin bertiup ke arah selatan. Kabut asap pun tampak melingkupi Sungai Batanghari, sungai terlebar dan terpanjang di Provinsi Jambi.
Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Taha Jambi menyatakan, titik api di Jambi sesungguhnya hanya dua, yakni di Kabupaten Tebo dan Tanjung Jabung Barat. Dinas Kehutanan Jambi mencatat, titik api itu karena kebakaran di area hutan rakyat.


Meski titik api di Jambi sedikit, ratusan titik api di Riau membuat kabut asap menyelubungi Jambi. Berdasarkan pantauan satelit
National Oceanic and Atmosperic Administration
(NOAA) yang diterima Dinas Kehutanan Jambi sejak awal Februari 2014, jumlah titik api di Riau sebanyak 275, Sumatera Selatan 65, dan di Sumatera Barat 19.


Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Sucipto, memperkirakan kabut asap yang melanda Jambi akan semakin pekat akibat cuaca panas masih melanda Sumatera. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jambi pun meminta warga yang menggunakan jasa transportasi sungai dan udara untuk berhati-hati agar jarak pandang terbatas tidak menyebabkan kecelakaan. (ren)


Laporan: Kasparman Piliang, ANTV Jambi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya