Mulai Hari Ini, Belanja dari PKL di Bandung Didenda Rp1 Juta

Fun Bike VIVAnews 2011 di Bandung
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membereskan masalah Pedagang Kaki Lima (PKL) terus dilakukan.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Tidak hanya para pedagang, konsumen akan kena getahnya dengan denda Rp1 juta yang baru diberlakukan Minggu 2 Februari 2014, bila membeli barang dari PKL di zona merah.

Zona merah adalah wilayah yang dilarang Pemkot Bandung untuk para PKL menjajakan barang dagangannya, seperti Jalan Merdeka, Jalan Kepatihan, Jalan Dalem Kaum dan kawasan Masjid Agung.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan penetapan denda berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 2011 Tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima bukan saja mengatur para PKL tapi konsumennya.

"Iya zona merah akan mulai diterapkan besok (denda Rp1 Juta), Kan di situ ada pasal-pasanya (Perda Nomor 4 tahun 2011), ada juga untuk konsumen sehingga kami cuma menjalankan aturan tersebut," katanya di Bandung, Sabtu 1 Februari 2014.

Guna melancarkan penerapan aturan, Pemkot Bandung telah gencar melakukan sosialisasi dengan sejumlah spanduk besar di wilayah yang nantinya akan diterapkan. Diharapkan masyarakat sadar betul dan mematuhi aturan itu.

"Ini juga maksudnya untuk mendisiplinkan, kami di sini sebagai otoritas harus tegas apalagi ini sudah tertuang dalam aturan, yang sebenarnya sudah sejak 2011 lalu, bukan sekarang baru dibuat," ujar dia.

Dalam pelaksanaan teknis di lapangan, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan ditempatkan di beberapa lokasi yang berperan menindak bagi siapa saja pelaku pelanggaran.

"Tapi kita pastikan dulu bahwa di sana (zona merah) sudah tidak ada yang jualan, kalau ada yang mencari PKL kita arahkan dulu beli barang di tempat yang sudah disediakan. Jadi kita enggak langsung denda, kita arahkan dulu, kalau membandel artinya sudah siap bayar denda," jelasnya.

VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024