Kondisi Bus Jatuh ke Jurang di Lahat Tak Layak Jalan

kecelakaan bus bogor
Sumber :
  • tvOne
VIVAnews -
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Petugas gabungan dari Ditlantas Polda Sumatera Selatan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lahat, hari ini, Sabtu 1 Februari 2014, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan bus pariwisata Trans yang terjun ke jurang.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Bus jurusan Pekanbaru - Jawa Tengah itu jatuh ke jurang sedalam 100 meter di jalur lintas Sumatera di kawasan Talang Kabu, Kota Lahat, Jumat kemarin, 31 Januari 2014. Akibatnya, tiga penumpang tewas.
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan


Dari olah TKP, bus dengan nomor polisi H 1451 AG itu diduga tidak layak jalan.


"Beberapa bagian dari bus seperti roda, sudah dalam kondisi gundul. Beberapa baut pada sasis bus juga banyak yang hilang dan sudah lama patah," ujar Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Suharsono.


Selain itu lain, sopir bus diduga tidak hafal kondisi jalan. Sehingga, bus oleng dan terjun ke jurang. Apalagi, sebelum kejadian, bus nahas ini berjalan beriringan dengan dua bus lainnya. Menurut Suharsono, bus yang membawa 42 penumpang ini akan menuju ke Jawa Tengah.


Tiga penumpang tewas yakni, Nasirun (52) warga Pati, Jawa Tengah; Warsinni (40) warga Jati, Jawa Tengah dan Tamin (56) warga Pati. Ketiga korban tewas ini masih di ruang jenazah RSUD Lahat, menunggu pihak keluarga untuk mengambil jenazah.


Sementara, penumpang yang mengalami luka parah dan harus dirawat di rumah sakit yakni, Mulyono (40), Siran (50), dan Sugiati (30), dan Jayadi (30). 19 penumpang lainnya menderita luka ringan.


Proses evakuasi bus ini berlangsung cukup sulit, mengingat kondisi jurang yang terjal dan licin. Petugas harus mengerahkan satu unit mobil derek dan alat berat untuk mengeluarkan bus dari dalam jurang.


Salah seorang penumpang selamat, Sugiati, mengaku tidak ada peristiwa aneh sebelum bus masuk ke jurang. Kejadiannya begitu cepat. "Saya baru sadar sudah di rumah sakit," katanya. Dia menambahkan, suami dan anaknya selamat dari kecelakaan itu.


Polisi saat ini masih mengejar sopir dan kernet bus yang melarikan diri usai kejadian. (sj)


Laporan Irwansyah, tvOne Lahat, Sumatera Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya