Aktivitas Sinabung Menurun, 13 Ribu Pengungsi Akan Dipulangkan

Erupsi Gunung Sinabung
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVAnews -
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengembalikan 13.828 pengungsi erupsi Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ke rumah masing-masing.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Pemulangan pengungsi itu karena  aktivitas Gunung Sinabung semakin menurun. Pengungsi yang akan dipulangkan itu berasal dari 16 desa di luar radius 5 km.
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi


Rencana pemulangan pengungsi diungkapkan Kepala BNPB Syamsul Maarif usai mengelar rapat dengan Pemprov Sumatera Utara, Kementerian PU, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan di kediaman Gubernur Sumatera Utara di Jalan Sudirman, Medan, Kamis 30 Januari 2014.


Menurut Syamsul, aktivitas Gunung Sinabung dari hari ke hari semakin menurun. Sehingga diusulkan pengungsi dari 16 desa di luar radius 5 km sudah bisa kembali ke permukiman. "Rencana ini masih dalam tahap sosialisasi dan pengamatan terus menerus," kata Syamsul.


Pemulangan pengungsi akan dilakukan setelah seluruh infrastruktur desa selesai diperbaiki.  "Kalau kita lihat dari hasil pemantuan di radius 5 km, pohon pisang dan talas masih tumbuh di bekas lahan yang terkena awan panas. Hal ini membuktikan bahwa lahan tersebut masih bisa ditanami," kata Syamsul.


Pemerintah juga akan memperhatikan lahan pertanian korban erupsi Gunung Sinabung seperti, penyediaan bibit, benih dan alat-alat pertanian.


Selain itu, pengungsi juga diberikan
cash for work
(padat karya) sebesar Rp50.000 per hari, jaminan hidup dari Kemensos Rp6.000. Termasuk orang yang tidak mengungsi, seperti orang yang membantu pembersihan dan perbaikan lahan perkebunan pengungsi.


Laporan Budi Satria, ANTV Medan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya