Kudus Darurat Bencana, Gubernur Jateng Siapkan Dana Rp30 Miliar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di posko pengungsian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko

VIVAnews – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan dana penanggulangan bencana alam sebesar Rp30 miliar menyusul longsor dan meluasnya banjir yang terjadi di Kudus, Kamis 23 Januari 2014. Banjir juga terjadi Kabupaten Jepara dan Pati, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, ketiga kabupaten itu – Kudus, Jepara, Pati – saat ini sudah masuk kategori darurat bencana. “Setiap daerah yang mengalami bencana alam, terutama banjir, harap segera menginformasikan lokasi posko pengungsian ke warga sehingga memudahkan warga yang hendak mengungsi,” kata Ganjar.

Rabu sore kemarin, Ganjar mengunjungi ratusan pengungsi korban banjir di Desa Getas, Kudus. Banjir di Kudus membuat sedikitnya 4.000 jiwa diungsikan ke 20 titik pengungsian, salah satunya Gedung Graha Mustika, Desa Getas, yang dikunjungi Ganjar itu.

Gubernur Jateng itu meminta para pengungsi bersabar menghadapi bencana alam ini. Ia pun mendoakan pengungsi agar tetap sehat selama berada di posko pengungsian. Ganjar tak lupa mengecek kesiapan logistik di pengungsian. Dia membuka nasi bungkus untuk memastikan apakah nasi itu layak konsumsi atau tidak.

Ganjar mengatakan, dana Rp30 miliar yang akan dikuncurkan Pemprov Jateng ditujukan untuk menanggulangi bencana alam di seluruh wilayah pemerintahannya. “Selanjutnya Pemprov akan melakukan normalisasi sungai dan membangun waduk untuk mengurangi dampai banjir di masa mendatang,” kata dia. (eh)

Laporan: Galih Manunggal, tvOne Kudus

Baca juga:

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024