Banjir dan Longsor di Kudus, Tim SAR Kesulitan Tembus Medan Berat

Banjir di Kudus, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
VIVAnews
Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan
– Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dihantam bencana banjir dan longsor, Kamis 23 Januari 2014. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah mengirimkan logistik untuk membantu korban banjir dan longsor. Namun medan yang berat membuat evakuasi sulit dilakukan.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Banjir di Kudus terjadi karena tanggul Kali Piji jebol 10 meter. Akibatnya air langsung menggenangi perumahan. Di Kecamatan Mejobo, banjir merendam Desa Gulung dan menyebabkan 230 jiwa mengungsi. Di Desa Payama, 169 jiwa mengungsi. Di Kecamatan Jati, tiga desa terendam, yakni Desa Jati Wetan dengan jumlah pengungsi 342 jiwa, Desa Tanjing 70 jiwa, dan Desa Loran 125 jiwa.
Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024


Banjir yang meluas di Kudus menghanyutkan setidaknya dua orang. Satu orang bernama Nur Fitriyanto (21 tahun) ditemukan tewas, sedangkan satu lainnya atas nama Hendro Pitono belum ditemukan sampai saat ini. (Baca Banjir Kudus: )


Sementara longsor yang terjadi di perbukitan Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Depok, Kabupaten Kudus, menimbun 14 rumah dan menyebabkan 12 orang terkubur hidup-hidup. Dari 12 orang itu, satu ditemukan tewas atas nama Sulasmi (45 tahun), satu berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat atas nama Karmuji (45 tahun), dan sisanya belum ditemukan.


“Alat berat tidak mampu menembus medan yang berat. Hujan deras juga menyulitkan petugas melakukan evakuasi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan tertulis yang diterima
VIVAnews
.


Saat longsor di Dukuh Kambangan terjadi, warga sedang tertidur lelap. Rumah mereka yang berada di tebing lereng, jatuh ke dalam jurang sedalam 30 meter. Operasi penggalian yang dilakukan tim gabungan dari BPBD, TNI Kodam IV Diponegoro, dan masyarakat tertunda karena hujan deras. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya