VIDEO: Gunung Sinabung Meletus Lagi

Gunung Sinabung meletus lagi, 21 Januari 2014.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVAnews – Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dan meluncurkan awan panas, Selasa 21 Januari 2014. Aktivitas vulkanik gunung api teraktif di Pulau Sumatera itu kembali meningkat setelah tiga hari sempat relatif tenang.

Lihat .

Gunung Sinabung meletus beberapa kali Selasa kemarin. Erupsinya disertai guguran lava pijar dan luncuran awan panas sejauh 4,5 kilometer. Saat ini aktivitas kegempaan gunung itu masuk pada tahapan pembentukan kubah lava baru.

Warga Desa Batu Karang yang berada di kaki Sinabung berkumpul di jambur desa. Warga menuntut segera dievakuasi ke lokasi aman karena sudah berhari-hari desa mereka diguyur hujan abu. Meski Desa Batu Karang belum masuk zona bahaya, tapi warga mengeluh mulai menderita gangguan pernafasan.

Aktivitas Sinabung hingga kini masih tinggi dan belum bisa dipastikan kapan akan mereda. Sinabung mulai meletus pada September 2013 dan sampai sekarang menyebabkan 28 ribu jiwa lebih mengungsi. Ribuan hektare lahan pertanian pun rusak parah.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengunjungi pengungsi letusan Gunung Sinabung, Kamis 23 Januari 2014. Saat ini tenda VIP telah didirikan di lokasi pengungsian. Anggota Pasukan Pengamanan Presiden pun sudah terlihat berjaga di posko pengungsian. (umi)

Baca juga:

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024