SBY Minta Erwiana Tak Takut Ungkap Kasusnya ke Polisi Hong Kong

Erwiana Sulistyaningsih, TKI yang disiksa di Hong Kong
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berbicara langsung dengan Erwiana Sulistyaningsih, tenaga kerja wanita asal Indonesia yang dianiaya majikannya selama bekerja di Hong Kong, melalui sambungan telepon di kantornya, Selasa 21 Januari 2014.
Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

Suara Erwiana sangat pelan bahkan nyaris tak terdengar saat berbincang dengan SBY, dikarenakan kondisinya yang masih lemah. Saat ini, TKW berusia 23 tahun itu masih dirawat di Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen, Jawa Tengah.
Heboh, Gaya Outfit Ayu Ting Ting Dituding Tiru Nagita Slavina

"Saya senang bisa bicara dengan Erwiana. Percayalah hukum akan ditegakkan, keadilan akan ditegakkan. Dan yang penting Erwiana kita bantu pengobatannya, Insya Allah sembuh seperti sediakala. Dan nanti bisa melanjutkan aktivitasnya apapun pekerjaanya," kata SBY.
Anwar Usman Tidak Bakal Tangani Sengketa Pileg yang Melibatkan PSI

SBY sempat menanyakan kondisi Erwiana, namun jawaban dari Erwiana sulit terdengar. Kemudian, ia berpesan kepada Erwiana untuk tidak takut saat dimintai keterangan oleh polisi Hong Kong terkait kasus penganiayaan yang dialaminya.

"Ya sekali lagi saya sampaikan prihatin. Nanti kalau ditanyai polisi Hongkong jelaskan apa adanya. Jelaskan supaya yang salah diberi sanksi, tidak boleh seperti itu. Tabah, ini cobaan. Percayalah Allah itu Maha Adil. Dan kalau sudah sembuh, nanti bisa berpikir lagi kedepan," ucapnya.

Kepada Erwiana, SBY memberikan bantuan berupa dana pengobatan. SBY berpesan agar bantuan itu digunakan Erwiana dengan baik dan diutamakan untuk pengobatannya.

"Mudah-mudahan Allah melindungi keluarga Erwiana dan Pak Rahmat (ayah Erwiana). Semoga cepat pulih. Salam dari Bu Ani," tuturnya.

Erwiana merupakan TKI yang dianiaya oleh majikannya, Law Wan Tung, selama delapan bulan. Sumber Kepolisian Hong Kong mengungkapkan bahwa mantan majikan yang menyiksa Erwiana Sulistyaningsih, telah ditahan.

Perempuan berusia 44 tahun dan memiliki nama keluarga Lo itu ditahan saat sedang menunggu di ruang tunggu Bandara Chek Lap Kok, Hong Kong. 

Harian Hong Kong, South China Morning Post, Senin 20 Januari 2014 melansir Lo dicegat oleh petugas imigrasi ketika dia akan naik pesawat menuju ke Thailand sore tadi.

Menurut seorang sumber itu lagi, Lo ditahan sekitar pukul 15:00 waktu setempat, karena adanya laporan dari pramuwisma lainnya yang juga pernah disiksa perempuan itu. () (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya