Curah Hujan Tinggi, Lintas Sumatera Ambles 50 Meter di Lahat

Ilustrasi-Jalan ambles di jalan Lintas Barat, Lampung Barat
Sumber :
  • ANTARA/Agus Suroso
VIVAnews
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
– Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) ambles sepanjang 50 meter di Kabupaten Lahat, Sumatera Utara, Senin 20 Januari 2014. Amblesnya jalan itu karena curah hujan tinggi sehingga aspal selalu terendam genangan air. Keselamatan pengguna jalan itu pun kini terancam.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Selain ambles sedalam satu meter, kondisi aspal di Jalinsum pun retak sepanjang 40 meter dan berlubang. Beberapa titik lain di jalan itu pun terancam ikut ambles. Padahal lalu-lintas di jalan ini padat. Kendaraan umum maupun pribadi dari Jambi ke Medan dan sebaliknya biasa melintasi jalur ini.
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah


Lokasi terparah Jalinsum yang ambles ada di Desa Pertikal Bari, Kecamatan Kikim Timur, dan Simpang Bemban, Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat. Di sisi jalan yang ambles, aspal pun retak-retak sehingga amat rawan bagi pengendara yang melintas.


Jalinsum yang ambles itu saat ini hanya bisa dilewati di satu lajur dan kendaraan dari kedua arah harus bergantian. Pengemudi diminta ekstra hati-hati karena lokasi jalan yang ambles tepat berada di tikungan tajam. Apalagi daerah itu berada di kawasan hutan yang tidak memiliki penerangan jalan.


Warga khawatir jalan itu akan longsor dan memutus jalur utama apabila perbaikan tidak segera dilakukan. “Kami minta Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lahat segera memperbaiki puluhan titik jalan rusak di Jalinsum sebelum memakan korban,” kata Putra, warga yang biasa menggunakan jalan itu.


Laporan: Irwansyah, tvOne Sumsel
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya