Ketua MPR: Banjir Jakarta Hanya Bisa Diselesaikan Pusat

Banjir di Kemayoran, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVAnews -
Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Banjir yang melanda Jakarta yang terjadi di saat musim hujan diperkirakan sulit ditangani oleh pemerintah DKI sendiri. Menurut Ketua MPR RI Sidarto Danusubroto, DKI merupakan daerah yang kurang beruntung lantaran mendapatkan limpahan air dari hulu.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

"Kalau daerah hulu diperbaiki lingkungannya, tata kelola wilayah diperbaiki, maka DKI baru bebas dari banjir," ujar Sidarto kepada
Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang
VIVAnews, di Yogyakarta, Sabtu malam 18 Januari 2014.


Permasalahan banjir di DKI ini, tegas Sidarto, tak bisa tidak harus diambilalih pemerintah pusat karena sumber dari banjir di DKI, namun bukan dari DKI sendiri melainkan ada wilayah Bogor yang masuk Provinsi Jawa Barat.


"Permasalahan banjir ini sudah menyangkut otoritas dua pemerintahan daerah yang berbeda sehingga pemerintah pusatlah yang harus segera turun tangan," jelas Sidarto, yang juga anggota Komisi I DPR ini.


Lebih lanjut, dia menyatakan, masyarakat Ibukota sendiri saat ini bisa dikatakan menjadi korban atas kerusakan lingkungan di hulu yang harus ditanggung setiap musim penghujan meski Pemprov DKI terus melakukan pembenahan lingkungan dan menyiapkan alat pompa air untuk mengurangi banjir.


"Meski DKI terus melakukan pembenahan dengan mengembalikan fungsi waduk, perbaikan bantaran sungai namun itu tak cukup tanpa perbaikan lingkungan di hulunya," tutur Sidarto.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya