NASIONAL

Ini Jumlah Penduduk RI Kategori Lansia dan Miskin

"Sebelum dipanggil Yang Kuasa, para lansia masih dapat berbuat banyak"

ddd
Minggu, 12 Januari 2014, 16:18
Para lansia sedang menerima obat di Posyandu.
Para lansia sedang menerima obat di Posyandu. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
VIVAnews - Sebanyak 19 juta penduduk Indonesia atau sekitar sembilan persen merupakan penduduk Indonesia kategori lansia di tahun ini. Dari jumlah itu, sebanyak 2,8 juta penduduk lansia hidup kurang beruntung atau di bawah garis kemiskinan.

"2,8 juta lansia yang hidup di bawah garis kemiskinan perlu mendapatkan pemberdayaan agar tetap semangat di usia lanjut," kata Ketua Pengurus Perkumpulan Pemberdayaan Lansia Pusaka Wahyu Teratai, yang juga mantan Menteri Sosial, Inten Soeweno, saat memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-48 di Kabupaten Bantul, DIY, Minggu 12 Januari 2014.

Menurut Inten, karena pada usia lanjut mereka tidak hanya duduk diam, tetapi masih dapat produktif ketika ada pihak-pihak yang memberdayakan para lansia. "Sebelum dipanggil Yang Kuasa, para lansia masih dapat berbuat banyak," ujarnya.

Selain lansia miskin, lanjutnya, lansia yang kategori rawan miskin sebanyak 2,2 juta. Beberapa pemberdayaan yang bisa dikerjakan lansia seperti membuat kerajinan, membuat aneka panganan kemudian dibantu pemasaran.

Kedatangan mantan Mensos dan rombongan ke Sidomulyo untuk memberikan bantuan biaya bedah rumah bagi 20 rumah lansia di Sidomulyo yang tidak layak huni. Masing-masing rumah mendapatkan stimulan Rp 10 juta.

Selain memberikan bantuan bedah rumah, diberikan pula bantuan sembako untuk kebutuhan hidup lansia. (sj)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
muhammad.makhfudz
13/01/2014
Tahun 2014 harus jadi ajang lomba prestasi dg wujudkan BPJS sebagai fokus barometer kinerja birokrat kita melayani rakyat wujudkan tingkatkan pelayanan kesehatan.Ingat BPJS adalah ujudkan program yg cerdas dari penguasa yg dapat apresiasi dunia
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com