Sinabung Terus Meletus, 25.516 Jiwa Mengungsi

Gunung Sinabung meletus.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Intensitas vulkanik Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih tinggi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan, meski gempa hybrid sebagai indikator pembentukan kubah lava mengalami penurunan pada hari ini, namun gempa vulkanik dalam justru meningkat.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Tremor masih terus-menerus sehingga diprediksi gunung yang berada di Kabupaten Tanah Karo ini masih akan terus meletus.

"Status Awas (level IV) masih ditetapkan dengan radius 5 km dan 7 km di sisi tenggara selatan harus kosong dari penduduk," kata Sutopo, Sabtu, 11 Januari 2014.

Pada Sabtu ini terjadi erupsi beberapa kali dengan tinggi 1-5 km disertai luncuran awan panas ke tenggara-selatan 1-4,5 km dan ke timur 1 km. Beberapa rumah di Desa Kutarakyat dan Namanteran rusak karena hujan pasir dan abu vulkanik 5-10 cm.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Beberapa desa di Kecamatan Namanteran terisolir karena akses jalan sulit dilalui. Debu vulkanik tebal 5-10 cm menjadi lumpur terkena hujan. Ribuan hektar lahan pertanian dan perkebunan di Karo rusak. Hujan abu hingga Medan dan sekitarnya karena terbawa angin ke timur.

Awan panas sudah masuk ke sungai di barat Berastepu sehingga timbul letusan sekunder karena kontak material panas dan air sungai. Tidak ada korban jiwa dari dampak langsung erupsi Sinabung. Potensi lahar dingin makin nyata. Lembah-lembah sungai di sisi tenggara-selatan sudah banyak terisi material piroklastik. Warga diminta tidak beraktivitas di sungai yang hulunya di Sinabung.

Sementara itu, pengungsi terus bertambah. Pada Sabtu sore ada 25.516 jiwa atau 7.898 kepala keluarga tersebar di 38 titik. Logistik mencukupi 2-7 hari ke depan. Beberapa titik pengungsian baru masih perlu tambahan logistik dan sarana. Belum bisa dipastikan hingga kapan harus terus di pengungsian.

Menurut Sutopo, BNPB dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan terus memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Karo. "Bupati selaku penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana di Karo harus selalu memimpin penanganan bencana Sinabung," ucapnya. (one)

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024