Cuaca Buruk, Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup

Gunung Semeru
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Jalur pendakian ke Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, hari ini ditutup total untuk umum akibat cuaca buruk dan badai. Kondisi ini tidak aman bagi para pendaki.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari, penutupan dilakukan setelah dilakukan pemantauan jalur pendakian selama dua minggu terakhir. Cuaca buruk terus terjadi di sejumlah titik.

"Terjadi badai, kabut tebal, hujan dan kondisi cuaca ekstrem, sangat membahayakan keselamatan para pendaki. Mulai kemarin, jalur pendakian Semeru resmi ditutup," katanya.

Menurut Ayu Dewi, NTBTS sudah tidak mengeluarkan izin pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa setinggi 3.676 meter. Dia memastikan jalur pendakian sudah steril dari para pendaki. Sejak Minggu kemarin, seluruh pendaki sudah turun ke pos Ranu Pani.

"Penutupan diperdiksi selama tiga bulan sampai Maret. Tapi belum ada kepastian sampai kondisi cuaca aman untuk pendakian," katanya.

Selama musim liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru 2014, jumlah pendaki ke Gunung Semeru melonjak tajam. Kondisi ini membuat jalur pendakian dipenuhi sampah.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Pada masa penutupan ini, akan digunakan oleh petugas akan membersihkan sampah. Selain itu, dengan penutupan ini diharapkan akan membuat ekositem menjadi pulih. (ren)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024