Kotoran Sapi, Solusi Kenaikan Harga Gas

Kenaikan Harga Gas Elpiji
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Merangkaknya harga gas yang mencapai hampir Rp4.000,- per kilogram memang meresahkan. Tapi nyatanya, kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan penggunaan gas tak sepenuhnya mandeg.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Ini yang terjadi di kalangan peternak sapi di kawasan Cikundul, Sukabumi. Mereka memutar otak mengakali kenaikan harga gas ini dengan memanfaatkan kotoran sapi dan memoresesnya menjadi bio gas.

Para peternak ini menumpulkan kotoran sapi, kemudian memisahkan ampas kotoran dan menampungnya. Saluran paralon dipasang untuk menghubungkan penampungan dengan rumah warga guna keperluan memasak.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Untuk penghematan ini, peternak mengatakan bahwa kotoran dari 10 ekor sapi mampu mencukupi kebutuhan gas tiga rumah, selama 4 hari dengan menggunakan kompor gas khusus.

Dayat, salah satu warga mengaku sudah tiga tahun menggunakan bio gas ini, hingga kenaikan harga gas tak terlalu dirasakannya. Prinsipnya: semakin rajin memroses bio gas maka persediaan gas menjadi terpenuhi.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Pemanfaatan bio gas dari kotoran sapi ini diharapkan bisa menjadi alternatif pengganti gas elpiji yang kini harganya semakin membumbung, terlebih bagi mereka yang tinggal di sekitar peternakan sapi.

Laporan: Mohamad Akasah/ANTV.

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024