VIDEO: Ada Bungker Narkoba di LP Nusakambangan, Kalapas Akui Lalai

Kalapas Batu Nusakambangan
Sumber :
  • tvOne
VIVAnews - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Batu, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Liberty Sitinjak, mengakui lemahnya pengawasan di dalam lapas karena jumlah petugas di lapangan terlalu sedikit. 
Cerita Mistis Raffi Ahmad Melihat Komedian Sapri Sebelum Meninggal

Ia mengatakan, 90 petugas lapas tak mampu menghalau masuknya barang-barang seperti telepon genggam hingga narkoba jenis sabu. 
KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

Meski begitu, petugas lapas terus melakukan pengembangan terhadap kasus kerusuhan maupun penemuan narkoba di dalam sel tahanan. Ia pun mengaku akan menindak tegas siapapun oknum yang membantu masuknya barang-barang tersebut, tidak terkecuali oknum sipir.
Kate Middleton Akhirnya Tampil di Hadapan Publik, Isu Konspirasi Terbantahkan

Liberty menampik, pihaknya sengaja melakukan pembiaran sehingga narkoba dapat bebas beredar di dalam lapas. "Sebenarnya bukan pembiaran, tapi ini cenderung kepada kelemahan kita dari sudut sumber daya," ujarnya.


Liberty mengatakan, pada kejadian kerusuhan lapas dua hari lalu petugas menemukan sabu sabu yang ditanam di lantai kamar sel tahanan. Menurutnya, jumlah petugas yang minim sulit untuk mengawasi satu per satu sel tahanan.

"Pekerjaan-pekerjaan seperti itu sudah sangat teknis, sehingga kita membutuhkan tenaga sumber daya yang terlatih," katanya. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya