GBPH Joyokusumo, Adik Sri Sultan HB X Meninggal di Jakarta

Juru kunci Merapi pengganti Mbah Maridjan, Asih
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri
VIVAnews
Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024
- Jelang pergantian tahun, berita duka menyambangi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Gusti Bendhara Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo, adik kandung Sri Sultan HB X meninggal.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi
Menurut Kepala Keraton Kilen, Ronni Guritno, Pangeran Haryo meninggal pada pukul 16.40 WIB, di Rumah Sakit Medistra, Jakarta. 

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk
"Benar, keluarga sudah berkumpul di rumah sakit. Putra dan putri sudah kumpul. Tinggal satu putra yang saat ini ada di Jerman," katanya.

Rencananya, jenazah malam ini akan di semayamkan di rumah dinas Wakil Ketua DPD RI, di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sri Sultan HX bersama dengan keluarga termasuk putri dari Almarhum GBPH Joyokusumo berangkat ke Jakarta setelah mendapatkan informasi meninggalnya GBPH Joyokusumo yang juga adik dari Raja Keraton Yogyakarta.

"Malam ini, Ngarso Dalem bersama dengan beberapa putrinya dan putri dari Mas Joyo terbang ke Jakarta,"kata GBPH Prabu Kusumo, adik Sri Sultan HB X, kepada VIVAnews, Selasa 31 Desember 2013

Gusti Prabu mengatakan Keraton hingga saat ini belum mengetahui prosesi pemakamannya, karena masih menunggu perintah dari Ngarso Dalem

"Mungkin nanti justru informasi jelasnya dari Jakarta. Kita juga sedang menunggu perintah dari Ngarso Dalem,"paparnya

Lebih lanjut Gusti Prabu mengatakan Keraton Yogyakarta sangat kehilangan dengan kepergian GBPH Joyokusumo dan tentunya masyarakat Yogyakarta.

"Minta doanya agar Mas Joyo dapat diterima disisinya dan diampuni segala dosanya," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya