Bantu Pengamanan Natal, Banser NU Terjunkan Densus 99

Banser NU
Sumber :
  • Pambudi Eko/VIVAnews
VIVAnews - Guna membantu polisi mengamankan Natal dan Tahun Baru, Satuan Tugas (Satgas) Barisan Serba Guna (Banser) Pemuda Ansor Jawa Timur menurunkan 25 ribu anggotanya. Hal itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi kerawanan di Jawa Timur.
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

"Kami perintahkan semua personel Banser ikut terjun langsung mengamankan gereja-gereja yang tersebar di Jawa Timur," ujar Ketua PW GP Ansor Jatim, Alva Isnaeni, Sabtu, 21 Desember 2013.
Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Kegiatan seperti ini setiap tahun sudah dilakukannya. Khusus tahun ini, anggota Banser mulai melakukan pengamanan membantu petugas kepolisian sejak 23 sampai 27 Desember 2013.
Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

"Tidak hanya membantu pengamanan di depan Gereja, Banser juga ikut membantu polisi lalu-lintas yang bertugas mengamankan arus lalu lintas di sekitar Gereja," ujarnya.

Densus 99 Banser sudah beberapa minggu diturunkan mengamati perkembangan kerawanan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Densus 99 Banser bertugas mengamati dan mencari tahu atau memetakan kerawanan yang akan terjadi. Berdasarkan laporan yang kami terima, ada beberapa daerah sudah disasar oknum tak bertanggung jawab, seperti Surabaya, Malang dan kawasan Mataraman," ujarnya.

Alva Isnaeni menyebut, keterlibatan Banser dalam pengamanan gereja merupakan tradisi Ansor dan dilakukan secara sukarela.

"Itu demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata dia.

Dia menyebut, pihaknya terpanggil ikut bertanggung jawab menjaga keutuhan NKRI karena merasa sebagai komponen anak bangsa. Itu dilakukan dengan berkoordinasi dengan Polda Jatim dan pimpinan TNI.

"Ini wujud konkrit bahwa Banser sebagai penjaga kebhinekaan. Selain itu, juga sebagai jati diri Banser yang didalamnya kader bangsa," katanya.

Di malam tahun baru, GP Ansor  mendirikan posko pengamanan di setiap kabupaten/kota. Harapannya, selama Natal dan Tahun Baru berjalan lancar dan tertib. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya