Keluarga Anggap Lokasi Penahanan Atut Terlalu Jauh

Ratu Atut Ditahan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Ekskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara
– Keluarga Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah merasa lokasi penahanan Atut di Rumah Tahanan Pohon Bambu, Jakarta Timur, terlalu jauh dari mereka. Hal itu dikatakan pengacara Atut, Firman Wijaya, saat hendak menyambangi kliennya di rutan, Sabtu pagi 21 Desember 2013.

Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa

Tim pengacara Atut tengah mengusahakan pemindahan tempat Atut. “Pada dasarnya Bu Atut menerima ditempatkan di mana saja. Tapi dia merasa perlu ditempatkan di sel yang masih bisa mendapat pengawasan medis,” kata Firman.
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia


Saat ini Atut berada satu sel dengan 16 narapidana lainnya. Walau menyerahkan kebijakan penempatan Atut kepada rutan, Firman berharap ada tempat yang layak untuk Atut. Ia juga meminta petugas rutan terus menjaga kesehatan Atut.


Jumat kemarin, Atut sempat meminta pemeriksaannya ditunda hingga Senin pekan depan karena ia mengeluh sakit di bagian dada. “Akhir-akhir ini kondisi Ibu buruk,” kata Firman. Meski demikian, dokter KPK setelah memeriksa Atut menyatakan Gubernur Banten itu bisa ditahan.


Tim pengacara kini hendak mengajukan penangguhan penahanan atas Atut. Menurut Firman, Atut cukup kooperatif dengan penyidik KPK. Penahanan Atut yang begitu cepat juga ia nilai menimbulkan kerugian bagi negara karena roda pemerintahan Provinsi Banten jadi terganggu.


Pagi ini, belum ada satupun keluarga Atut yang menyambangi Rutan Pondok Bambu. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA itu masih terlihat sepi. Pintu gerbang utama lapas yang setinggi tiga meter masih tertutup rapat.


Atut ditahan KPK dalam kasus suap pengurusan sengketa Pilkada Lebak, Banten, yang melibatkan adiknya, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, dan mantan Ketua MK Akil Mochtar. Atut diduga membantu adiknya menyuap Akil.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya