Istana: Pengacara Keluarga SBY Tak Pakai APBN Tapi "APBK"

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAnews
Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah
– Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, menyatakan tak aneh jika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono punya pengacara pribadi. Menurut dia, Jumat 20 Desember 2013, hampir setiap pemimpin negara memiliki pengacara pribadi, bukan hanya SBY.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

“Banyak kepala negara yang saya ketahui juga memiliki penasihat hukum atau pengacara yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan ruang privat atau privasi keluarga presiden,” kata Julian di Istana Bogor.
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan


Palmer Situmorang yang ditunjuk SBY menjadi pengacara pribadinya ditugasi untuk mengadvokasi tudingan-tudingan yang tidak bertanggung jawab, khususnya yang ditujukan kepada keluarga Presiden. “Apakah tudingan itu di media sosial atau di ruang publik, Pak PS (Palmer Situmorang) diberi kuasa atau mandat untuk menangani hal-hal tersebut,” kata Julian di Istana Bogor.


Oleh sebab Palmer bukan pengacara kepresidenan, maka dana yang dikeluarkan SBY untuk menggunakan jasanya bukan berasal dari APBN. Hal serupa kemarin dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto. “Tim advokasi keluarga (SBY) tidak ada kaitannya dengan APBN, tapi "APB"K (Anggaran Pendapatan Belanja Keluarga),” ujarnya.


Palmer Situmorang memiliki firma hukum Palmer Situmorang & Partners yang bergerak di bidang hukum perdata, hukum pidana, non-litigasi, dan litigasi. Di bidang hukum perdata, dari hukum keluarga sampai perdata internasional masuk ruang lingkup kerjanya. Perkara korupsi yang masuk pidana juga ditangani firma ini.


Palmer akan bekerja sama dengan advokat Hafzan Taher dan Bahtiar Sitanggang untuk menyikapi berita dan tudingan yang mengarah fitnah terhadap Presiden. SBY mengatakan diberondong hujatan, kritik, dan cemooh mengenai kehidupannya sebagai Presiden RI selama 9 tahun menjabat.


Selama ini SBY menerima berbagai hujatan tersebut. Namun SBY tak terima bila ada fitnah yang keterlaluan dan tidak bertanggung jawab. “Saya tidak berbicara apa-apa, tidak berbuat apa-apa, tiba-tiba diisukan SBY melaksanakan ini, itu, dan karenanya saya diserang berhari-hari, berminggu-minggu. Ini tidak mendidik karena tidak ada faktanya,” kata SBY. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya