Catatan Kelam Kekerasan Anak di Indonesia

Alternatif Permainan Anak
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

VIVAnews - Kekerasan atas anak dalam beberapa pekan ini marak terjadi. Mulai penyiraman air keras hingga bayi dibanting hingga tewas. Anehnya, ini sebagian besar dilakukan oleh orang-orang terdekat korban.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono pernah mengatakan, tiga dari 100 anak Indonesia mengalami kekerasan. "Sebagian besar atau 70 persen, pelakunya adalah orang di sekitar rumah," kata Agung beberapa waktu lalu.

Lembaga nonprofit Komisi Nasional Perlindungan Anak mencatat, sepanjang Januari hingga Oktober 2013 terdapat 2.792 kasus pelanggaran hak anak. Dari jumlah itu, 1.424 di antaranya adalah kasus kekerasan. Lebih spesifik lagi, 730 di antaranya kekerasan seksual.

Di Jakarta sendiri, Komnas Perlindungan Anak mendata 666 kasus kekerasan sepanjang tahun ini. Kasus terbanyak terjadi di Jakarta Timur (166 kasus), lalu disusul Jakarta Utara (149 kasus), Jakarta Barat (127 kasus), dan Jakarta Pusat (118 kasus). Sedangkan paling sedikit kekerasan anak terjadi di Jakarta Selatan sebanyak 106 kasus.

Sementara itu, lembaga pemerintah nonkementerian Komisi Perlindungan Anak Indonesia mencatat selama tiga tahun terakhir, rata-rata setiap bulan terjadi kekerasan seksual terhadap 45 anak. Pada 2011 terdapat 329 kasus. Pada 2012, jumlahnya meningkat menjadi 742 kasus, dan meningkat lagi menjadi 525 kasus per Oktober 2013.

Catatan Litbang ANTV, dalam sebulan terakhir ini terdapat sembilan kasus kekerasan anak yang menggemparkan masyarakat. Mulai dari penganiayaan anak di Nusa Tenggara Timur hingga balita tewas di tangan ibu tiri di Batam.

Berikut catatannya:

Heboh Ibu di Maros Aniaya Bayinya Sambil Direkam, Diduga Kesal karena Suami Pergi

18 Desember
, Kepualauan Riau. Hanya karena rewel tak mau makan, Rizky, bocah tiga tahun, dianiaya ibu tirinya. Mulutnya dibekap dan ditampar berkali-kali. Tak cuma itu, dia juga ditendang-tendang. Rizky pun akhirnya meninggal.

15 Desember

. Adit, bocah penuh luka ditemukan di bawah pohon sawit milik PT Perkebunan Nusantara V di Rokan Hulu, Riau. Kepada warga yang menemukan, dia mengaku lidahnya dipotong lalu ditinggal orangtuanya di perkebunan sawit.

11 Desember
. Haryanto sedang cek-cok dengan istrinya karena gaji. Tiba-tiba, Samuel, 6 tahun, yang sedang sakit terbangun dan menangis. Karena lama tak diam, Haryanto kesal dan menyiramkan air keras ke anaknya itu.

11 Desember

Caleg aniaya anak bawah umur, Solo.

5 Desember
Melati, 12, ditampar dan dicekik lehernya oleh ED, 23. ED awalnya hendak mengecas hape di rumah Melati. Namun, saat melihat Melati ia berusaha mempekosa, namun Melati memberontak. Saat itulah dia ditampar dan dicekik.

5 Desember
Warga Desa Ujung Padang, Bengkulu, menganiaya anak dan istri. AR menyuruh anaknya memanggil ibunya. Tapi tidak mau. AR marah lalu menendang dua kali hingga anaknya tersungkur. Kemudian, datang ibunya. Berniat melerai, dia malah dilempar botol.

2 Desember
Bayi berusia 1,5 tahun berisial Z meninggal dunia Senin, 2 Desember 2013. Z diduga , Lambertus saat terlibat pertengkaran dengan istrinya di rumah mereka di kawasan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

29 November
Aini, bocah mungil empat tahun tewas setelah dianiaya ibu tirinya, Nurlena, 26, di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Saat itu ayah kandungnya sedang kerja. Karena rewel, Aini diikat dengan tali, lalu dibenturkan ke tembok hingga jatuh tersungkur ke lantai. Setelah itu ditendang dan dipukul dengan talenan dan pipa paralon. Bocah mungil itu pun akhirnya tewas.

19 November
Bocah 8 tahun tewas, diduga kuat karena dianiaya kakek dan neneknya di Nusa Tenggara Timur.

(ren)

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU
Putri Isnari atau Putri DA

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis

Acara akad nikah Putri Isnari dan Abdul Aziz digelar di di Balikpapan Sport and Convention Center, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024