Widodo Ratanachaitong Klaim Uang US$700 Ribu Milik Deviardi

Rudi Rubiandini dan Deviardi Menjadi Saksi di Tipikor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisaris Kernel Oil Pte Ltd (KOPL) Simon Gunawan Tanjaya mengakui pernah diperintahkan bos PT Kernel Oil Singapura, Widodo Ratanachaitong memberikan uang sebesar US$700 ribu kepada mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini. Uang itu diserahkan melalui pelatih golf Rudi, Deviardi.

Namun, Widodo melalui kuasa hukumnya, Sugeng Teguh Santoso membantah bahwa uang tersebut miliknya. Widodo mengklaim, uang tersebut adalah milik Deviardi yang dititipkan kepadanya. Hal ini didasarkan pada laporan kepolisian (police report) Singapura, tertanggal 16 Agustus 2013.

"Pada tanggal 20 Juli 2013, Deviardi bertemu Widodo dan meminta Widodo untuk menyimpan uang tunai US$700.000 dan untuk mengembalikan uang tersebut jika Deviardi sudah kembali ke Jakarta. Deviardi khawatir kemungkinan resiko bahwa ia akan ditangkap Otoritas Bea Cukai dan Imigrasi Indonesia jika ia membawa uang tersebut ke Indonesia," ujar Sugeng dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu 18 Desember 2013.

Lebih lanjut, Sugeng menuturkan, pada tanggal 28 Juli 2013, Deviardi meminta uangnya sejumlah US$300 ribu. Sebagai salah satu mitra dagang Widodo yang berbasis di Jakarta, PT Kernel Oil Indonesia diminta Widodo untuk memfasilitasi pemberian uang US$300 ribu kepada Deviardi.

Setelah itu, Deviardi meminta sisa uangnya yang berjumlah US$ 400 ribu. Widodo pun mengirimkan uang tersebut dengan cara yang sama dari sebelumnya.

"Tetapi, karena PT KOPL Indonesia kekurangan dana, maka uang ini untuk ditransfer kepada PT KOPL," imbuhnya.

Sugeng menegaskan, sejak awal kliennya hanya sekedar membantu Deviardi untuk menyimpan dan setelahnya mengembalikan uangnya tersebut.

Pada 13 Agustus 2013 lalu, KPK menangkap tangan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini bersama Deviardi dan Komisaris PT Kernel Oil Simon G Tanjaya. Ketiganya ditangkap atas tuduhan suap aktifitas di SKK Migas.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Nama Widodo Ratanachaitong pun ikut terseret, Ia diduga ikut terlibat dalam percobaan penyuapan kepada Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini. (eh)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024