Rusuh LP Palopo, Presiden Instruksikan Evaluasi Keamanan

Presiden SBY Kembali Ke Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima laporan mengenai kerusuhan di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Palopo, Sulawesi Selatan, kemarin, Sabtu 14 Desember 2013.
Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, Minggu 15 Desember 2013, mengungkapkan, meskipun telah ditangani, Presiden menginstruksikan Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, untuk mengevaluasi kembali keamanan lapas.
Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

"Mengenai lapas sudah dilaporkan oleh Menkopolhukam ke Bapak Presiden tadi, kalau sudah diatasi sore kemarin. Pak Djoko Suyanto yang saat ini menangani," ungkapnya saat ditemui di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.
Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Julian menuturkan, evaluasi tersebut khususnya terhadap kinerja Kementerian Hukum dan HAM sebagai penanggungjawab. Hal tersebut, agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali ke depannya. "Nanti, Pak Djoko yang menjelaskan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan napi di lapas itu membakar gedung-gedung lapas. Amir Syamsuddin menjelaskan bahwa kejadian itu bermula ketika kepala lapas (kalapas) tengah melakukan kontrol keliling Sabtu siang pukul 10.30 WITA. Saat itu, posisinya berada di sel isolasi.

"Tiba-tiba, salah satu narapidana residivis melompat pagar pembatas sel dan memukul kepala lapas (kalapas) hingga pingsan," kata dia. Baca kronologi kerusuhan lapas versi pemerintah itu di .
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya