Kerusuhan LP Palopo, Keluarga Napi Tak Bisa Besuk

Kerusuhan di lembaga pemasyarakatan
Sumber :
  • ANTARA/Ade Sapri

VIVAnews - Kerusuhan melanda Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Batu, Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu 14 Desember 2013. Kerusuhan ini berdampak pada hak napi untuk dikunjungi keluarga.

"Kunjungan keluarga napi sementara dihentikan sampai kondisi di lapangan baik," kata Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Handoyo Sudrajat, dalam wawancara dengan tvOne.

Kunjungan keluarga itu terpaksa dihentikan, karena beberapa bangunan di lapas ini terbakar. "Kondisi di lapangan masih memerlukan pengamanan ketat," jelas Handoyo.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Saat ditanya apakah napi akan dipindahkan, Handoyo mengaku belum tahu. Menurut dia, pemindahan napi ini harus melalui evaluasi kondisi lapangan, khususnya bangunan lapas.

Untuk sementara waktu, aliran listrik pun dihentikan di beberapa bangunan yang terbakar, karena dikhawatirkan akan terjadi arus pendek saat hujan turun. "Kalau air untuk kebutuhan para napi diupayakan terus ada," kata dia.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Diberitakan sebelumnya, ratusan napi di lapas ini membakar gedung-gedung lapas. Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, menjelaskan bahwa kejadian itu bermula ketika kepala lapas (kalapas) tengah melakukan kontrol keliling Sabtu siang pukul 10.30 WITA. Saat itu, posisinya berada di sel isolasi.

"Tiba-tiba, salah satu narapidana residivis melompat pagar pembatas sel dan memukul kepala lapas (kalapas) hingga pingsan," kata dia. Baca kronologi kerusuhan itu di (art)

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024