Kronologi Kerusuhan Lapas Palopo Versi Pemerintah

Konferensi Pers Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kerusuhan lagi-lagi terjadi di lembaga pemasyarakatan (lapas). Kali ini, peristiwa tersebut terjadi di Lapas Palopo, Sulawesi Selatan.

"Kerusuhan terjadi di Lapas Kelas II A, Palopo," kata Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, usai peluncuran buku "No Wamen No Cry" di Gramedia Pondok Indah Mall, Jakarta, Sabtu 14 Desember 2013.

Amir menjelaskan bahwa kejadian itu bermula ketika kepala lapas (kalapas) tengah melakukan kontrol keliling Sabtu siang pukul 10.30 WITA. Saat itu, posisinya berada di sel isolasi.

"Tiba-tiba, salah satu narapidana residivis melompat pagar pembatas sel dan memukul kepala lapas (kalapas) hingga pingsan," kata dia.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Kalapas langsung dilarikan ke rumah sakit. Selain kalapas, kepala bidang keamanan dan ketertiban lapas pun menjadi korban luka.

Lalu, narapidana ini memprovokasi narapidana lainnya untuk membakar gedung kantor. Petugas lapas langsung melakukan tindakan pengamanan, portir, pos, dan berkas-berkas.

Petugas lapas juga meminta bantuan ke TNI, Polri, serta pemadam kebakaran. Pada siang hari, api telah berhasil diamankan. "Pukul 14.00 WITA api sudah dapat dipadamkan dan narapidana sudah mulai terkendali," kata dia.

Sebagai catatan, petugas lapas ini berjumlah 60 orang dan petugas pengamanan 18 orang. Lapas ini menampung 240 narapidana, dengan 10 orang di antaranya adalah wanita. (art)

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini
Kepala BKPSDM, Hendar Herawan

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024