Untungnya Bertransaksi Pakai Uang Asing di Perbatasan

perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini di Distrik Sota, Merauke, Papua
Sumber :
  • Antara/ Zabur Karuru

VIVAnews - Transaksi jual beli barang di pasar Kampung Skow, Distrik Muara Tami, Jayapura, yang letaknya di perbatasan RI dengan Papua Nugini (PNG), masih menggunakan mata uang asing.

Warga negara tetangga itu pakai mata uang Kina PNG untuk memperoleh barang-barang dari pasar yang terletak di Indonesia paling ujung bagian timur itu.

Dahlia (44 tahun), pedagang makanan di Pasar Skow saat ditemui VIVAnews, menuturkan pasar di situ selalu ramai oleh warga PNG. Tapi biasanya tiga kali seminggu, yakni tiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Mereka biasanya belanja kebutuhan pokok berupa beras, gula, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Selain itu mereka juga membeli pakaian.

"Mereka belanjanya pakai uang Kina," kata Dahlia.

Wanita paruh baya asal Makassar ini mengaku sudah tiga tahun berjualan di pasar perbatasan tersebut. Sebelumnya, ia berjualan di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura. Sejak itu pula ia bertransaksi dengan warga PNG menggunakan mata uang Kina.

"Mereka belanja barang dagangan saya berupa minuman kaleng, telur dan buah-buahan. Mereka membeli pakai uang Kina karena malas menukarkan ke rupiah," tuturnya.

Diketahui, saat ini 1 Kina senilai Rp4.300. Artinya, nilai rupiah lebih murah dari Kina. Itulah alasannya warga Papua Nugini belanja kebutuhan di Indonesia, karena bisa mendapatkannya dengan sangat murah.

Karena itu juga, Dahlia mengaku selalu meraup untung bertransaksi menggunakan uang Kina. "Setelah pasar tutup, uang Kina itu saya tukarkan lagi jadi rupiah. Lebih untung," katanya.

Dahlia menambahkan, dirinya tinggal di Kota Jayapura yang menempuh waktu dua jam perjalanan menuju Pasar Skow perbatasan RI-PNG. Tiga kali seminggu ia jualan di pasar tersebut.

"Omset jualan saya sehari sekitar 400 hingga 500 Kina. Untung jualan saya biasanya sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu sehari," ungkapnya. (adi)

Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024