Kapolri Minta Kabareskrim Baru Tidak KKN

Kapolri Jenderal Sutarman melantik sejumlah petinggi Polri
Sumber :
  • Erick Tanjung/VIVAnews

VIVAnews - Kapolri Jenderal Sutarman melantik Irjen Pol Suhardi Alius sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri yang baru. Pelantikan sekaligus serah terima jabatan digelar di ruang rapat utama Mabes Polri, Jumat 6 Desember 2013.

Serah terima jabatan itu diawali dengan upacara kenaikan pangkat para pejabat tinggi Polri, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Kapolri.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Dalam pengambilan sumpah itu, Sutarman meminta kepada para pejabat tinggi Polri agar tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Saya peringatkan kepada seluruh pejabat tinggi Polri agar secara tepat dalam penggunaan anggaran serta transparan. Jangan sampai korupsi dan menerima gratifikasi," kata Sutarman.

Selain Suhardi Alius, Kapolri juga melantik Irjen Pol Anton Bahrul Alam sebagai Inspektur Pengawasan Umum Polri, sebelumnya dijabat oleh Komjen Pol Imam Sudjarwo yang dimutasi sebagai Pati Yanma Polri lantaran pensiun. Sebelum diangkat menjadi Irwasum, Anton menjabat sebagai Asisten Sarana Prasarana (Assarpras) Polri.

Kemudian, Irjen Pol Tb Anis Angkawijaya, diangkat sebagai Assarpras Polri. Sebelumnya, Anis adalah Kepala Divisi Teknologi Informasi Polri. Posisi itu akan dijabat oleh Kepala Biro Pembinaan Operasi Bareskrim Polri Brigjen Pol Achmad Hidayat. Pengganti Achmad adalah Kombes Pol Wilmar Marpaung.

Posisi Kapolda Jawa Barat yang ditinggalkan Irjen Pol Suhardi Alius, kini dijabat oleh Kapolda NTB, Brigjen Pol Mochamad Iriawan. Brigjen Pol Moechgiarto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Timur ditunjuk sebagai Kapolda NTB yang baru.

Jabatan Wakapolda Jatim digantikan oleh Kombes Pol Suprodjo Wirjo Sumardjo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Selatan. Posisi Suprodjo ditempati oleh Kombes Sukirman. Ia sebelumnya menjabat Kakorsis Sespimen Sespim Polri Lemdikpol.

Jabatan pamen Polri lainnya yang turut diganti, yaitu jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Jabatan yang sebelumnya diduduki Kombes Slamet Riyanto itu akan diduduki oleh Kombes Heru Pranoto yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri. Kombes Slamet Riyanto nantinya akan dilantik menjadi Wakapolda Jambi. (eh)

Areum mantan member T-ara

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Kabar baik datang, Areum eks T-ARA dikabarkan telah sadar kembali setelah kejadian yang menghebohkan publik dan melakukan percobaan bunuh diri beberapa hari lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024