Nama Sudi Silalahi Disebut di Sidang Kasus Hambalang

Sudi Silalahi
Sumber :
  • Antara

VIVAnews – Widodo Wisnu Sayoko menyebut nama Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi saat bersaksi dalam sidang perkara korupsi proyek Hambalang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa 3 Desember 2013.

Dalam kesaksiannya, Widodo mengatakan mantan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Wafid Muharam pernah meminta bantuan kepada seorang pejabat negara berinisial SS. Namun Widodo mengaku tidak mengetahui bantuan apa yang diminta Wafid kepada pejabat tersebut.

Widodo mengatakan hal itu sebagai jawaban atas pertanyaan salah satu penasihat hukum terdakwa Deddy Kusdinar terkait komunikasi pesan singkat antara Wafid dengan Widodo yang diduga terkait proses pembangunan fasilitas olahraga Hambalang.

“Memang pada waktu itu Pak Wafid mengirim surat ke Setneg, tapi untuk urusan apa saya tidak tahu. Dia cuma bilang, ‘Mas Wid ada akses tidak?’ Saya bilang, kalau (akses) langsung tidak ada,” kata Widodo.

Mendengar jawaban itu, penasihat hukum Deddy Kusdinar mencecar Widodo. Ia bertanya tentang pesan singkat yang didalamnya tercantum inisial SS.

“Siapa itu SS?” tanya penasihat hukum Deddy.

“Pak Sudi Silalahi,” jawab Widodo.

“Kenapa minta bantuan ke sana? Apakah itu terkait dengan pengurusan kontrak tahun jamak di Kementerian Keuangan?” tanya sang penasihat hukum lagi.

Widodo menajwab, itu tidak berhubungan dengan proyek Hambalang. “Tidak. Terus terang saja, itu sebelum ada Hambalang ini,” kata dia.

Widodo disebut-sebut merupakan kerabat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia dikabarkan terafiliasi dengan Sylvia Sholehah alias Bu Pur. Keduanya diduga berusaha agar proyek Hambalang digolkan saat era Menpora Andi Mallarangeng.

Dalam sidang ini, Jaksa juga mengkonfirmasi soal Sylvia Sholeha alias Bu Pur kepada Widodo. Widodo tak menampik mengenal Bu Pur. Dia mengaku pernah bertemu Bu Pur. Namun Widodo menyangkal pernah membahas soal Hambalang dalam pertemuan dengan Bu Pur itu. “Saya cuma berkenalan saja (dengan Bu Pur),” kata Widodo.

Sylvia Sholeha alias Bu Pur disebut sebagai orang yang ikut membantu mengurus permohonan kontrak tahun jamak proyek Hambalang yang diajukan Kemenpora ke Kementerian Keuangan.

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Sylvia merupakan istri Purnomo, purnawirawan TNI yang masih satu angkatan dengan SBY di Akademi Militer tahun 1973. Purnomo dikenal sebagai orang lingkaran dalam Cikeas. (umi)

Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024