TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Ditanya Uang US$200 Ribu, Menteri dan Sekjen ESDM Berkelit

Uang itu ditemukan di ruang kerja Sekjen.
Ditanya Uang US$200 Ribu, Menteri dan Sekjen ESDM Berkelit
Menteri ESDM Jero Wacik di KPK (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, mengaku tidak mengetahui uang sejumlah US$200 Ribu yang ditemukan di ruang kerja Sekjen ESDM, Waryono Karyo oleh penyik KPK.

"Kalau tentang itu pak Sekjen kan sudah diperiksa, jadi saya serahkan kepada KPK," ujar Jero, usai menjalani pemeriksaaan di Gedung KPK, Senin 2 Desember 2013.

Awalnya Jero mengatakan jika uang itu merupakan dana operasional, namun diralat kembali. Selain Jero Wacik, penyidik KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal ESDM, Waryono Karyo.

Dalam pemeriksaan yang ketiga kalinya ini, Waryono mengaku hanya memberikan tambahan keterangan saja, tanpa merinci apa keterangan tersebut.
Ketika ditanyakan mengenai uang US$ 200 Ribu yang ditemukan saat penggeledahan, Waryono juga berkelit. "Wah, wong itu sudah saya jelaskan kok," ucapnya.

Dalam pengeledahan beberapa waktu lalu, KPK menemukan uang US$200 ribu di ruang kerja Sekjen ESDM di kantor Kementerian ESDM.

Penggeledahan itu merupakan rangkaian penyidikan yang dilakukan KPK untuk tersangka Rudi Rubiandini, mantan kepala SKK Migas. Di rumah Rudi, KPK menemukan uang US$ 400 ribu dan motor merek BMW. Uang tersebut diduga suap dari PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia.

Uang tersebut diketahui merupakan bagian dari komitmen suap US$ 700 ribu yang diduga untuk memenangkan tender kondensat di SKK Migas. (adi)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP