Kisah Kristiawan, 'Dokter' Orang Rimba

Ilustrasi/Penanganan medis warga suku rimba di Provinsi Jambi
Sumber :
  • VIVAnews/Ramond Epu

VIVAnews - Di malam yang diterangi sirang rembulan dan temaram obor kayu damar, terlihat raut-raut wajah tegang. Malam itu, merupakan hari persalinan perempuan rimba dari kelompok Tumenggung Marituha yang tinggal di Sungai Terap, Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi.

Prosesi persalinan malam itu nampaknya agak rumit dan berisiko. Karena kondisi bayi yang terlalu besar. Bagi Orang Rimba, proses ini hanya ditangani dukun beranak yang ada di kelompok itu.

Sebelum proses persalinan, dukun anak biasanya menentukan tempat untuk persalinan yang mereka namakan dengan tanoh peranoan. Tanah peranaon sudah ditetapkan sebulan sebelumnya, dan mereka sudah tinggal di tanah itu beberapa hari menjelang kelahiran.

Begitu tanda-tanda akan melahirkan tiba, dukun beranak mulai membacakan mantra-mantra yang dalam bahasa rimba disebut bededekiron. Ritual ini biasanya dilakukan hingga tengah malam. Sementara dukun malafalkan matra, sang suami sudah siap memegang ranting kayu Meranti sepanjang satu depa sebagai perlambangan keselamatan dan kekuatan bayi yang akan lahir.

Proses melahirkan merupakan bagian yang sakral bagi Orang Rimba, ada banyak pantangan selama proses ini berlangsung, termasuk kehadiran orang luar di dalam kelompok. Orang yang bukan dari komunitas Orang Rimba dilarang mendekati tanoh peranoan.

Namun malam itu, Kristiawan dari LSM Komunitas Konservasi Indonesia Warsi sebagai fasilitator kesehatan untuk Orang Rimba yang mendengar kabar ini datang dan berniat untuk membantu. 

Namun, fasilitator kesehatan Warsi bersama anggota rombong Marituha tetapi tidak bisa mendekat ke tanoh peranoan. Ia terpaut jarak sekitar 100 meter dengan calon ibu yang akan melahirkan.  Namun dari lokasi itu Kristiawan masih bisa mendengar bededekiron yang dipanjatkan Orang Rimba.

Suaranya makin keras dan terdengar melengking, bertanda ada kesulitan yang tengah terjadi. Ternyata bayi yang akan lahir posisinya sungsang dan berbobot besar.

Bagi Orang Rimba, tabu jika perempuan yang melahirkan sampai mengeluarkan air mata, karena itu dianggap mempermalukan keluarga terutama suami, dan kaum ibu sangat menghormati itu.

Dukun masih terus berusaha mengeluarkan si jabang bayi, namun apa daya persalinan itu tak kunjung selesai. Kristiawan, yang biasa disebut Lokoter (sebutan orang rimba untuk dokter, mantri atau paramedis) oleh Orang Rimba, dari tempatnya berada berusaha mendekat. Kedatangannya dicegah Orang Rimba yang berjaga-jaga.

Namun mantra yang semakin kencang dan panjang, telah memberi isyarat pada Kristiawan kalau persalinan tersebut bermasalah. Dia memberanikan diri berteriak, menanyakan keadaan si calon ibu dan proses yang sudah berlangsung.

Kunci Pelita Jaya Bekap Prawira Bandung dan Lolos Putaran Final BCL Asia

Dia ingin membantu secara langsung, dia berusaha membujuk Orang Rimba untuk mengizinkannya mendekat, tetap saja tak diizinkan. Tapi Kristiawan tak patah semangat, dia mencoba mengarahkan pertolongan kepada dukun bayi untuk menolong proses persalinan, sayang Orang Rimba tak mengenal istilah menggunting jalan lahir untuk membantu persalinan dengan bayi bobot besar.

Apalagi dia hanya bisa mengarahkan dukun dari jarak jauh untuk mendorong bayi dari perut ibu serta mengatur tarikan nafas si calon ibu. Tarikan nafas akan sangat membantu untuk proses pengedanan hingga lahirnya bayi.

Cerita di atas merupakan sekelumit pengalaman Kristiawan, sejak menjadi fasilitator kesehatan yang bergabung dengan Warsi sejak 2008 silam harus berkeliling mengunjungi rombong-rombong Orang Rimba yang hidup menyebar di hutan-hutan sekunder dalam Provinsi Jambi.

Tugasnya mulai dari sekedar memberikan penyuluhan meningkatkan kualitas hidup melalui pola hidup sehat,  penanganan gawat darurat kesakitan pada Orang Rimba hingga memfasilitasi Orang Rimba ke layanan kesehatan publik puskesmas hingga rumah sakit dan instansi terkait.

Banyak suka duka yang dialami pria kelahiran Semarang, 22 Februari 1983 ini menjalankan tugasnya. Satu yang pasti ketika ke lapangan, Kristiawan akan selalu dilengkapi dengan obat-obatan dan peralatan medis yang mungkin dibutuhkan Orang Rimba. Siap melayani Orang Rimba dan kadang beradu argumen dengan para pihak yang menolak melayani Orang Rimba.

Guna mengunjungi pasiennya di belantara Taman Nasional Bukit Duabelas, Kristiawan menggunkan motor trail. Tak jarang dirinya harus berjalan kaki selama berjam-jam dengan ransel berisi obat-obat di punggungnya.

“Dahulu setiap sakit Orang Rimba lebih mengandalkan obat-obatan dari ramuan tumbuhan yang mereka temukan di rimba. Namun sejak terjadinya perubahan hutan tumbuhan obatpun semakin sulit. Akibatnya Orang Rimba tak mampu lagi mengobati sakit yang ada pada mereka,” kata Kristiawan kepada wartawan VIVAnews, Ramond EPU, Jumat 29 November 2013.

Apalagi lanjut Kris terbukanya hutan juga membawa konsekwensi semakin beragamnya penyakit yang diderita Orang Rimba. Dulu air sungai jernih langsung bisa mereka konsumsi, sekarang akibat pembukaan lahan (land clearing) ketika hujan air sungai berwarna coklat. Sedangkan ketika kemarau menjadi kering.

“Mereka tak bisa lagi langsung mengkonsumsi air seperti masa lalu. Akan tetapi butuh pelakuan terlebih dahulu, dan untuk ini kita harus mengajari mereka cara mengolah air menjadi layak konsumsi,” katanya.

Tak hanya itu, lanjut dia terbukanya hutan juga menyebabkan semakin sulitnya konsumsi pangan Orang rimba, ketersediaan protein dan karbohidrat jauh berkurang. Akibatnya tak sedikit diantara mereka yang mengalami gizi buruk. Kondisi ini diperburuk dengan tidak adanya penanganan yang memadai kepada mereka.

Misalnya saja ketika anak-anak dengan kondisi gizi buruk tidak diberikan asupan makanan yang memadai juga tidak ditangani akan menyebabkan daya tahan tubuh berkurang.

“Ketika kondisi ini terjadi seleksi alamlah yang terjadi, ketika tak mampu bertahan akhirnya meninggal dunia,” ujarnya lagi.

Ketika daya tahan tubuh kurang, mestinya mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai,  namun apa daya akses yang sulit dan stereotip yang dilengketkan pada Orang Rimba bahwa mereka merupakan komunitas yang serat magik, masih sering menyebabkan tenaga kesehatan menolak kehadiran mereka.

Selain itu, keberadaan Orang Rimba yang tidak terdata dalam administrasi tertentu juga menyulitkan dalam pelayanan kesehatan. Akses terdekat dan wilayah administrasi salah satu faktor kenapa Orang Rimba kurang terlayani masalah kesehatan.

“Ini butuh waktu kita mengadvokasikan ke pusat layanan publik untuk mau menerima mereka. Meski secara kewilayanan mereka berada di kabupaten yang berbeda dengan puskesamas terdekat yang bisa mereka jangkau,” katanya.

Selain gizi buruk, persoalan lainnya yang juga membelit Orang Rimba adalah tingginya angka kematian ibu dan bayi. Beberapa bulan belakangan Kris mendata dalam satu kelompok terdapat kematian beruntun pada bayi yang baru lahir dengan kasus berat badan rendah.

“Salah satu penyebabnya karena usia perkawinan dini pada orang rimba dan juga karena kurangnya asupan makanan ibu hamil. Untuk menangani ini perlu kerjasama semua pihak untuk melakukan penyuluhan ke Orang Rimba tentang masa reproduksi yang ideal serta juga pengetahuan untuk peningkatan asupan gizi ibu hamil. Yang paling penting juga perlunya pemeriksaan kehamilan secara berkala sehingga penanganan juga bisa dilakukan dengan lebih baik,” jelasnya.

Untuk itu lanjut Kris peran serta pusat layanan kesehatan sangat penting. Karena merekalah ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat apapun statusnya. Fasilitator kesehatan Warsi harus melakukan pendekatan ke petugas puskesmas. Sebab tanpa ada pendekatan terlebih dahulu, tidak jarang Orang Rimba akan di tolak.

Untuk ini, tak jarang Kris harus 'ngotot-ngototan' dengan petugas kesehatan, agar Orang Rimba bisa ditangani oleh mereka. Pun demikian jika ada persoalan kesehatan yang mengharuskan Orang Rimba ke rumah sakit.

Untuk bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit lobi dan pendekatan harus dilakukan ke kedua belah pihak maksudnya Orang Rimba dan pihak rumah sakit. 

“Orang Rimba sangat tidak terbiasa ke rumah sakit, apalagi jika harus menginap di sana. Banyak kendala yang mereka hadapi, baik bagi pasiennya ataupun keluarga yang menunggu, untuk ini mereka harus didampingi, diberitahukan tata caranya. Pun demikian ke pihak rumah sakit juga harus dijelaskan bagaimana situasi pasien dan juga komunitas, sebab tak jarang petugas kesehatan takut menangani Orang Rimba,” katanya.

Terkadang juga Kris harus bersabar dengan Orang Rimba yang didampinginya ketika harus dibawa ke rumah sakit. Kondisi rumah sakit sering tidak membuat Orang Rimba betah, apalagi jika ada pasien dan keluarga pasien lain yang menganggap aneh dengan Orang Rimba yang di rawat. Kondisi ini membuat Orang Rimba tidak nyaman, kemudian meminta segera kembali ke rimba.

Demi kepentingan psikologis pasien kadang Kris harus mengabulkan permintaan ini, meski ia sadar resiko kekambuhan masih sangat tinggi. Dan terbukti seminggu kemudian ia harus kembali membawa pasien yang sama untuk rawat inap di rumah sakit yang berbeda, dengan harapan penangananya juga berbeda dan memberi rasa nyaman bagi Orang Rimba yang sedang di rawat.

Untuk itu ke depannya, Kristiawan berharap ada pola yang lebih sederhana jika Orang Rimba mengunjungi rumah sakit. Misalnya pengambilan resep hingga ke apotik bisa dibantu oleh pihak rumah sakit.  Sehingga mereka tidak kebingungan, dan tentu juga yang penting adalah pelayanan yang ramah buat mereka. Dengan demikian Orang Rimba menjadi lebih enjoy dan tidak canggung untuk mengakses rumah sakit dan tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Selain itu, yang juga penting menurut Kris adalah adanya dukungan pemerintah, baik kecamatan, kabupaten dan provinsi dalam melayani Orang Rimba. Apalagi dengan akan diberlakukannya, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diperkuat dengan UU No 24/2011 tentang Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS).

Posisi Orang Rimba yang sudah pasti sebagai masyarakat miskin masih mengambang. Pasalnya, hingga kini, belum ada kejelasan penjaminan untuk Orang Rimba, apalagi dalam UU tersebut dijelaskan masyarakat miskin dijamin oleh pemerintah kabupaten kota masing-masing.
Persoalannya, bagaimana dengan Orang Rimba yang sebagaian besar belum tercatat sebagai penduduk yang diakui dalam satu wilayah administrasi. Sehingga penjamin merekapun hingga kini belum ada kepastian.

“Ini penting menjadi perhatian semua pihak, mengingat dari waktu ke waktu kebutuhan Orang Rimba ke pusat layanan kesehatan semakin meningkat, di sisi lain mereka tidak mempunyai kemampuan finansial sehinga sangat bergantung pada jaminan kesehatan yang diberikan negara,” sebutnya.

Hal lainnya yang juga penting dan mensesak untuk dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran pihak-pihak pelayanan kesehatan untuk mengunjungi kelompok-kelompok Orang Rimba. Apakah untuk memberikan pelayanan kesehatan langsung atau pun memberikan penyuluhan.

“Dan juga penting adalah pelatihan dan penyuluhan dukun beranak, selama ini sudah kita coba lakukan, namun tentu hasilnya akan maksimal jika di dukung oleh pemerintah,” ujar alumnus Akper Ngesti Waluyo Temanggung Jawa Tengah ini dan STIKES Harapan Ibu Jambi ini.

Selain itu, yang juga penting adalah peran pemerintah untuk memberikan jaminan hidup dan berpenghidupan yang layak bagi Orang Rimba sesuai dengan adat dan budaya mereka. Sehingga Orang Rimba bisa berkecukupan pangan dan bisa hidup baik dilingkungan yang mereka pilih. (adi)

Ilustrasi pencegahan stunting

Jokowi: Indonesia Succeeded in Reducing Stunting Rate

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) stated that Indonesia successfully in reducing stunting rate to 21.5 percent by the end of 2023.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024