Kemenakertrans Kembangkan 271 Pemukiman Transmigrasi di Papua

Kemenakertrans Kembangkan 271 Pemukiman Transmigrasi di Papua dan Papua Barat
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan reorientasi dan refocussing pelaksanaan pembangunan program transmigrasi terhadap   sekitar 271 permukiman transmigrasi yang berada di wilayah Papua dan Papua Barat.

Pelaksanaan transmigrasi di wilayah paling timur Indonesia ini menunjukkan keberhasilan baik dari aspek pengembangan wilayah, pembangunan pertanian, peternakan dan perkebunan, pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan kapasitas SDM, pembangunan ekonomi, dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan pelaksanaan transmigrasi di Papua dan Papua Barat dilakukan dengan Pendekatan pengembangan wilayah dengan pembangunan dan pengembangan kawasan yang diarahkan untuk menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.
Kemenakertrans Kembangkan 271 Pemukiman Transmigrasi di Papua dan Papua Barat
”Kontribusi transmigrasi bagi pembangunan Papua tidak hanya sekedar perpindahan penduduk, tetapi mendorong pengembangan wilayah agar mendorong tumbuh dan berkembangnya pusat-pusat aktivitas ekonomi, sosial budaya, dan pemerintahan di daerah-daerah, ”kata Muhaimin di Jakarta pada Kamis 28 November 2013.

Menakertrans Muhaimin Iskandar melakukan kunjungan kerja selama 2 hari ke Provinsi, Papua. Dalam kunjungannya ini Muhaimin dianugrahi sebagai Anak Adat Sentani oleh Orgenes Kawai atas nama masyarakat Sentani, Provinsi Papua.

Muhaimin mengatakan Kemnakertrans melakukan penyesuaian Program transmigrasi di Papua pasca reformasi dan diberlakukannya UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua yang dilaksanakan melalui penataan penduduk di kawasan transmigrasi.
Kemenakertrans Kembangkan 271 Pemukiman Transmigrasi di Papua dan Papua Barat
”Untuk mempercepat peningkatan pembangunan wilayah di Papua, Pemerintah melakukan reorientasi dan refocissing program transmigrasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 tahun 2009,”kata Muhaimin.

Menurut Muhaimin  reorientasi dan refocussing program transmigrasi   dialkukan dengan mengutamakan   aspek penyiapan permukiman, aspek penyiapan SDM calon transmigran  serta aspek pembinaan masyarakat dan kawasan transmigrasi oleh pemerintah pusat dan daerah.

“Caranya diwujudkan melalui peningkatan kualitas permukiman yang dititikberatkan pada peningkatan sarana prasarana transportasi, penerangan dan peningkatan perekonomian masyarakat, “kata Muhaimin.
           
Selain itu, kata  Muhaimin  untuk mendukung keberhasilan program, transmigrasi juga membutuhkan dukungan dan kerja sama antar instansi lintas sektor terkait serta sinergi program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
               
Salah satu bukti pengembangan kawasan transmigrasi yang dibangun dan dikembangkan dengan pendekatan pengembangan wilayah adalah Kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Salor dan KTM Muting di Kab. Merauke serta KTM Senggi di Kab. Keerom.

Tak hanya itu, kontribusi pembangunan transmigrasi dari aspek pengembangan wilayah adalah pembangunan kawasan transmigrasi di Kab. Merauke mendorong terbentuknya kabupaten-kabupaten baru yang merupakan pemekaran wilayah kabupaten Merauke yaitu kab. Boven Digoel, Kab. Mappi dan Kab Asmat.
Kemenakertrans Kembangkan 271 Pemukiman Transmigrasi di Papua dan Papua Barat
“Dari 20 wilayah pemerintahan distrik di Kab. Merauke, 10 diantaranya adalah kawasan transmigrasi, bahkan kawasan Semangga dan kawasan Tanah Miring sudah menjadi distrik yang berada di wilayah kota Merauke,” kata Muhaimin.

Kepada masyarakat, para ketua Suku, Ketua Adat, para ondoafi, Muhaimin menyampaikan apresiasi dan penghargaan karena para transmigran dan penduduk setempat di berbagai lokasi permukiman dapat hidup rukun berdampingan, membaur tanpa membedakan suku, asal usul, ras, agama, tradisi maupun adat-istiadat.

“Kepada para warga transmigran yang sekarang sudah menjadi warga Merauke, marilah kita tingkatkan kerukunan, kedamaian dan kebersamaan dalam membangun Merauke demi peningkatan kesejahteraan, serta memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa, kata Muhaimin. (Webtorial)

Park Sung Hoon di drama Queen of Tears

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Park Sung Hoon, aktor yang memerankan karakter Yoon Eun Sung dengan peran antagonis dalam drama Queen of Tears baru-baru ini membuat kejutan meminta maaf ke penonton.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024