Menampar, Majelis Kehormatan Ombudsman Minta Azlaini Dipecat

Wakil Ketua Ombdusman Azlaini Agus.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVAnews - Majelis Kehormatan Ombudsman meyakini Wakil Ketua Ombudsman Azlaini Agus melakukan penamparan terhadap staf PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Yana Novia, pada 29 Agustus 2013 lalu.

Menurut Ketua MK Ombudsman Masdar F Masudi, dalam jumpa pers di kantornya, Jumat 29 November 2013, meskipun hingga saat ini Azlaini Agus tidak mengakui pemukulan tersebut, akan tetapi kesaksian yang serasi dan tanpa perbedaan antara keterangan para saksi dalam penjelasan Polresta Pekanbaru adalah hal yang sulit terbantahkan.

"Azlaini Agus telah melakukan tindakan yang melanggar beberapa unsur dalam Kode Etik Insan Ombudsman. Majelis berkesimpulan bahwa telah terjadi pelanggaran yang nyata dan tidak terbantahkan," ujar Masdar.

Pelanggaran kode etik yang dilakukan Azlaini, kata Masdar, membuat yang bersangkutan kini tak lagi memenuhi persyaratan sebagai anggota Ombudsman.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Sehingga terhadap Azlaini perlu dijatuhkan sanksi sebagaimana yang diatur dalam Pasal 13 Peraturan Ombudsman Nomor 7 Tahun 2011, yakni sanksi antara teguran tertulis pemberhentian sementara, pemberhentian tetap atau sanksi administratif lainnya.

"Majelis merekomendasikan sanksi berupa pemberhentian tetap kepada Azlaini Agus dan sanksi lainnya yang dimungkinkan, berdasarkan ketentuan perundang-undangan sebagai akibat dari pemberhentian tetap ini," ujar Masdar.

Aksi penamparan tersebut terjadi di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, tepatnya di dalam bus yang mengantarkan penumpang menuju pesawat. Azlaini Agus hendak terbang ke Sumatera Utara dengan maskapai Garuda Indonesia.

Sesaat setelah berada di dalam bus, Yana yang tengah bertugas di bandara itu mengumumkan bahwa pesawat delay atau jadwal penerbangannya tertunda.

Rupanya hal itu membuat Azlaini Agus kesal. Wanita itu lantas marah-marah dan akhirnya menampar Yana. Yana mengaku mendapat tamparan di pipi kanan, tepatnya di bawah telinga sekitar leher.

Sebelumnya, Azlaini Agus membantah menampar Yana Novia. Menurutnya ia tidak pernah menampar Yana. Ia mengaku hanya memarahi semua petugas di bandara yang berseragam kuning coklat dengan slayer kuning garis-garis yang mengurus proses boarding di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. (eh)

Ilustrasi diskon atau sale.

5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan

Memperingati Hari Kartini, sejumlah brand-brand kenamaan memberikan promo menarik. Apa saja promo tersebut?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024