VIDEO: Pasien Ini Marahi Dokter yang Mogok Kerja

Tak Dilayani, Pasien RS Dr Soetomo Mengamuk
Sumber :
  • antv

VIVAnews - Pasien bernama Uli Agus ini rupanya sudah tak bisa menahan kemarahan melihat aksi mogok dokter-dokter yang bertugas di Rumah Sakit Soetomo, Surabaya, Jawa Timur. Dengan mengacungkan tangan, Uli marah-marah di hadapan dokter-dokter yang berdemo Rabu 27 November 2013.

"Dokter-dokter, saya pasien. Saya juga butuh dirawat. Para dokter jangan hanya membela dokter Ayu. Pasien dilihat, semua tidak ada yang melayani," kata Uli dengan suara lantang.

Lihat video Uli menasihati para dokter di .

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Selama setahun, pasien tumor ini menjalani perawatan kesehatan. Namun, perawatan tersebut terhenti saat para dokter mogok kerja. Diberitakan sebelumnya, para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar aksi demo besar-besaran dan mogok di beberapa kota besar di Indonesia. Mereka memprotes vonis Mahkamah Agung (MA) terhadap tiga dokter, yakni  Ayu Swasyari Prawani, Hendry Simanjuntak, dan Hendy Siagian.

Ketiganya divonis 10 bulan penjara pada 18 September 2012 karena dinilai MA terbukti melakukan malapraktik terhadap pasien bernama Julia Fransiska Makatey tahun 2010. Kala itu, Ayu dan kawan-kawan menangani Siska Makatey saat akan melahirkan. Setelah ditangani melalui operasi caesar, Siska meninggal dunia.

Uli layak marah karena pelayanan pasien terhenti selama dua jam. Selama itu pula, pasien terlantar. Ironisnya, aksi protes Uli malah diteriaki,"Huuuuuuu" oleh para dokter yang berdemo di depan rumah sakit.

Akhirnya, beberapa dokter membawa Uli untuk dilayani. Uli adalah salah satu pasien yang berani mengungkapkan kekesalannya secara langsung kepada para dokter. Sementara puluhan pasien rumah sakit lainnya hanya bisa pasrah. Mereka terpaksa menunggu berjam-jam karena tak ada petugas atau dokter yang melayani.

"Kemarin, saya disuruh datang jam 8. Tapi, sekarang malah disuruh muter-muter," kata salah satu orangtua pasien, Soimah.

Sementara Humas RSU Dokter Soetomo, Urip Murtedjo tak mempersoalkan aksi solidaritas para dokter itu. "Tapi kan protes bisa dilayangkan menggunakan aturan praktik kedokteran," kata dia.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi pun mengatakan, para dokter tidak boleh menelantarkan satupun pasien. Jika tidak, Menkes sudah menyiapkan sanksi. "Saya mendukung aksi solidaritas ini, tapi pelayanan tetap harus berjalan," kata dia. (eh)

Baca juga:

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024