IDI: Pertarungan Kasus Dokter Ayu Harus Kami Menangkan

Para dokter turun berdemo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVAnews - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah mempersiapkan tim ahli untuk mengajukan Peninjauan Kembali (PK) kepada Mahkamah Agung (MA). Persiapan ini terkait vonis penjara 10 bulan terhadap dokter Dewa Ayu Swasyari Prawani, dokter Hendry Simanjuntak, dan dokter Hendy Siagian.

Menurut Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Zaenal Abidin MH, pertarungan untuk membela dokter Ayu cs penting dimenangkan untuk menghindari preseden buruk bagi dunia kedokteran.

"Akam membela sekuat tenaga. Ini adalah pertarungan, kalau ini tidak kami menangkan akan jadi preseden buruk bagi kami. Karena dokter bisa dipenjara, padahal bila kembali ke hukum kedokteran, kami membantu kesembuhan bukan menjanjikan kesembuhan," katanya saat ditemui di Rutan Malendeng, Manado, Kamis, 28 November 2013.

Menurut dr. Zaenal Abidin, IDI telah menyiapkan sejumlah saksi ahli termasuk hakim senior MA untuk membantu mereka. Terkait hal ini, IDI meminta kepada MA agar PK mereka dipercepat. Mahkamah Agung sudah menerima PK sebagai upaya hukum lanjutan atas kasus dokter Ayu cs yang telah diputus di tingkat kasasi.

No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident

Tergolong Ringan

Sebelumnya Alsemus Makatey, ayah Julia Fraksiska Makatey, menilai hukuman 10 bulan penjara bagi ketiga dokter yang menangani persalinan almarhum anaknya itu tergolong ringan dan tak sebanding dengan nyawa Siska yang melayang. Dia tidak menyangka upaya mendapatkan keadilan bagi putrinya itu berujung pada demonstrasi besar-besaran ribuan dokter di seluruh Indonesia.

"Kami pasrah jika kasus ini diusut kembali," kata Alsemus, Kamis 28 November 2013.

Ibunda Siska, Yulin Mahengken, yakin benar bahwa dokter Ayu cs telah melakukan tindakan malapraktik atau tak sesuai prosedur ketika menangani persalinan Siska. Menurutnya, operasi persalinan caesar itu tidak menyertakan dokter ahli. (ren)

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung
Gelandang Mancester United, Donny van de Beek

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Manchester United memiliko rencana untuk menjual Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu tidak kunjung mendapat tempat di skuad utama tim berjuluk Setan Merah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024