Keluarga Korban Pasrah Jika Vonis dr Ayu Belum Final

Demonstrasi dokter menolak kriminalisasi malpraktik
Sumber :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto

VIVAnews – Alsemus Makatey, ayah Siska Makatey, tak pernah menyangka upaya mendapatkan keadilan bagi almarhum putrinya berujung pada demonstrasi besar ribuan dokter di seluruh Indonesia. Padahal menurut pihak keluarga, hukuman 10 bulan penjara yang dijatuhkan pengadilan kepada dokter Ayu cs tergolong ringan dan tak sebanding dengan nyawa Siska yang melayang.

“Kami pasrah jika kasus ini diusut kembali,” kata Alsemus, Kamis 28 November 2013. Untuk diketahui, Mahkamah Agung kemarin setuju menerima pengajuan Peninjauan Kembali sebagai upaya hukum lanjutan atas kasus dokter Ayu yang telah diputus di tingkat kasasi.

Ibunda Siska, Yulin Mahengken, yakin benar bahwa dokter Ayu cs telah melakukan tindakan malapraktik atau tak sesuai prosedur ketika menangani persalinan Siska. Menurutnya, operasi persalinan caesar itu tidak menyertakan dokter ahli. ().

Dalam mediasi tertutup Ikatan Dokter Indonesia dan Mahkamah Agung kemarin, perwakilan dokter menyatakan tak mungkin dokter menjalankan operasi caesar tanpa persetujuan keluarga. Persetujuan keluarga merupakan prosedur dasar yang harus dijalankan.

Putusan MA terhadap dokter Ayu cs menyatakan, dokter Hendy – salah satu rekannya yang membantu persalinan caesar Siska – menyerahkan lembar persetujuan tindakan kedokteran berupa operasi atau informed consent kepada Siska yang sedang dalam posisi kesakitan dan berbaring miring ke kiri.

Namun tanda tangan yang tertera di lembar persetujuan itu ternyata karangan. “Menyatakan bahwa tanda tangan atas nama Siska Makatey alias Julia Fraksiska Makatey pada dokumen bukti adalah tanda tangan karangan atau spurious signature,” demikian bunyi putusan MA.

Putri Siska

Saat ini putri Siska yang berusia tiga tahun tinggal bersama kakek-neneknya di Minahasa, Sulawesi Utara, sementara ayahnya telah menikah lagi dan tinggal di Ambon. Flora Fransiska Notanubun bersama dua kakak lelakinya kerap berziarah ke makam sang ibu.

Flora yang masih kecil itu tak sempat mengenal sang ibu seperti kedua kakaknya. Ia  sering bertanya ketika melihat foto Siska, ada di mana ibunya. “Sudah meninggal,” kata sang kakek. (Laporan: Rahmadian, ANTV Minahasa | umi)

Baca juga:

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional
Laura Theux dan Indra Brotolaras

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Laura Theux dan Indra Brotolaras memberi nama  anak pertamanya itu Wayan Victoria Semesta Brotolaras, yang lahir pada pukul 08.06 pagi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024