NASIONAL

Pertambangan Bawah Laut Ramah Lingkungan

Para ilmuwan mengembangkan teknologi pertambangan bawah laut yang tidak merusak lingkungan
Jum'at, 3 April 2009
Oleh : Irma Kurniati, Mutia Nugraheni
Gua bawah laut

VIVAnews - Laut menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Tak cuma sumber makanan berupa makhluk hidup. Tapi juga berbagai hasil tambang berupa logam.

Di dalam laut itu ternyata banyak terdapat perak dan timah. Tetapi, karena letaknya yang ada di dasar laut, hasil bumi itu sulit untuk diambil.

Untuk mengatasi hal itu, para peneliti mengembangkan teknologi
pertambangan bawah laut. Teknologi itu akan mulai dicoba di perairan negara Papua Nugini. Para ahli pertambangan sedang mempersiapkan teknologi tersebut agar bisa digunakan.

"Laut memang menyimpan kekayaan alam yang luar biasa dan jika ingin mengambil bahan tambang di dalamnya tetap harus memperhatikan," kata Maurice Tivey, ahli geologi dari Woods Hole Oceanographic Institution.

Teknologi tersebut memang banyak menuai protes karena kemungkinan besar akan merusak ekosistem bawah laut. Lalu juga akan membuat hewan-hewan bawah laut banyak yang mati.

Pada Kamis, 2 April 2009 kemarin, para peneliti laut, pembuat
kebijakan, dan para pengusaha dari 20 negara mengadakan pertemuan di Cape Cod, Amerika Serikat.

Pertemuan itu akan membahas bagaimana melindungi ekosistem yang ada di dasar laut. Hal itu untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh teknologi pertambangan bawah laut.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found