Demo, Dokter Cantik di Kaltim Ini Bagikan Mawar Putih

demo dokter
Sumber :
  • antv

VIVAnews - Ratusan dokter cantik berdemo dengan membagikan bunga kepada pengguna jalan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu 27 November 2013. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas untuk tiga dokter di Manado, Sulawesi Utara yang dibui karena malpraktik.

Bunga yang mereka bagikan kepada pengguna jalan Rabu pagi adalah mawar putih. Para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu sengaja memilih mawar putih sebagai simbol sucinya tugas dokter. Namun, menurut mereka, tugas suci tersebut ternodai akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab.

Hari ini, para dokter di Indonesia menggelar unjuk rasa dengan berbagai cara untuk memprotes vonis 10 bulan yang dijatuhkan Mahkamah Agung (MA) kepada tiga dokter di Rumah Sakit Kandou, Manado. Mereka adalah Ayu Swasyari Prawani, Hendry Simanjuntak, dan Hendry Siagian.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

Para dokter ini menyampaikan kekhawatirkan mereka yang takut dipidana seperti Ayu dkk. karena mengambil tindakan beresiko terhadap pasien. Diberitakan sebelumnya, Ayu dkk divonis melakukan malpraktik saat menangani proses bersalin Julia Fransiska Makatey tahun 2010. Kondisi Fransiska memburuk paska operasi caesar dan akhirnya meninggal. Keluarga pasien kemudian menggugat para dokter ini ke jalur hukum.

Pengadilan Negeri Manado membebaskan Dokter Ayu dkk pada 22 September 2011. Jaksa kemudian mengajukan kasasi. Pada 18 September 2012, MA mengabulkan kasasi Jaksa dan menghukum ketiga dokter itu dengan 10 bulan penjara.

Dokter Ayu ditangkap di tempat praktiknya, RSIA Permata Hati, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat 8 November 2013. Sementara, Hendry Simanjuntak ditangkap di Medan Sumatera Utara, Minggu malam lalu. Kejaksaan kini tinggal mengejar dokter Hendry Siagian yang masih buron.  (eh)

Laporan: Iqbal Abdullah | antv Kalimantan Timur

Ayah Chandrika Chika Bantah Anaknya Pakai Narkoba Setahun: Ambil Berita Langsung dari Sumbernya
Kantor Google.

7 Rahasia Google

Google merupakan salah satu search engine yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Meski setiap hari digunakan, mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024