Aksi Solidaritas, Ratusan Dokter Makassar Demo

Demo menolak kriminalisasi dokter
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

VIVAnews - Ratusan dokter di Makassar, Sulawesi Selatan turun ke jalan, Rabu pagi 27 November 2013. Para dokter itu berdemonstrasi sebagai bentuk solidaritas untuk tiga rekan mereka yang dibui karena kasus malpraktik.

Membawa spanduk yang berisi tuntutan mereka, para dokter ini memadati jalan raya dan kemudian bermuara di depan tugu Monumen Mandala. Mereka menyebut, tiga dokter spesialis kandungan yang dibui di Manado merupakan korban kriminalisasi. Ketiga dokter tersebut adalah Dewa Ayu Sasiary Prawani, Hendry Simanjuntak, dan Hendry Siagian. Saat ini, dokter Ayu dan Hendry Simanjuntak sudah di balik bui, sementara Hendry Siagian buron.

Para dokter ini pun sempat menggelar demo di depan gedung Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat. "Aksi ini tidak mengganggu layanan rumah sakit. Ada dokter yang standby di rumah sakit, terutama di ruang ICU maupun gawat darurat," jelas salah satu dokter, Abdul Azis.

Dalam orasinya, para dokter ini menyampaikan kekhawatiran mereka atas kriminalisasi tindakan medis. Para dokter ini juga mengancam akan menolak untuk mengambil tindakan medis yang beresiko saat menolong pasien. Mereka mengaku takut dipindana seperti yang menimpa tiga rekan mereka yang kini divonis pidana.

Diberitakan sebelumnya, dokter Ayu dkk dinilai melakukan malpraktik saat menangani proses bersalin Julia Fransiska Makatey tahun 2010. Usai menjalani operasi caesar kala itu, kondisi Fransiska langsung memburuk dan akhirnya meninggal. Keluarga pasien kemudian menggugat para dokter ini ke jalur hukum.

Pengadilan Negeri Manado membebaskan Dokter Ayu dkk pada 22 September 2011. Jaksa kemudian mengajukan kasasi. Pada 18 September 2012, MA mengabulkan kasasi Jaksa dan menghukum ketiga dokter itu dengan 10 bulan penjara.

Dokter Ayu ditangkap di tempat praktiknya, RSIA Permata Hati, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat 8 November 2013. Sementara, Hendry Simanjuntak ditangkap di Medan Sumatera Utara, Minggu malam lalu. Kejaksaan kini tinggal mengejar dokter Hendry Siagian yang masih buron.  (eh)

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Laporan:  Sri Rahayu Andrini | antv Sulsel

The All-New Citroen C3 Aircross

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Pabrikan otomotif asal Prancis, Citroen menyampaikan masih enggan bermain di segmen mobil Hybrid untuk pasar Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024