Anak-anak Korban Sinabung Mulai Rindu Sekolah

Gunung Sinabung Meletus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews
Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo
- Ratusan anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mulai merindukan bangku selolah. Sejak awal bulan lalu mereka sudah tinggal di pengungsian karena erupsi Sinabung padahal tidak lama lagi mereka harus mengikuti ujian.

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Di tempat pengungsian di gedung bekas Universitas Karo, anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung hanya bermain untuk mengisi waktu. Menurut sejumlah orangtua, buku-buku anaknya tidak sempat dibawa. Mereka hanya bermain karena tidak ada relawan yang mengurusi masalah pelajaran mereka.
Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga


Karena itu, para orangtua berharap pihak sekolah datang untuk memberikan pelajaran di lokasi pengungsian karena masa ujian sudah dekat. Sejak mengalami erupsi, sejumlah sekolah yang berada di radius 5 kilometer terpaksa diliburkan karena berada di zona berbahaya.


Setelah peningkatan status Gunung Sinabung naik menjadi awas level 4, tercatat sudah 11.000 ribu lebih warga mengungsi di 22 titik pengungsian yang tersebar di berbagai daerah. Pemerintah Daerah Karo juga telah mengosongkan 19 desa yang berada di radius 5 kilometer.


Gubernur Sumater Utara, Gatot Pujo Nugroho, mengatakan, berkaitan dengan pendidikan siswa yang tinggal di pengusian, dia telah melakukan koordinasi kepada sekolah untuk turun memantau kondisi siswa.


"Untuk biaya, kami akan mengajukan keringan kepada Pemerintah pusat agar anak-anak yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung mendapatkan keringanan biaya sekolah," katanya.


Laporan Budi Satrio/ ANTV Medan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya