TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Ajudan Jero Wacik Dicekal, Wakil Menteri ESDM Bungkam

KPK juga berencana memeriksa Jero Wacik.
Ajudan Jero Wacik Dicekal, Wakil Menteri ESDM Bungkam
Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo (kiri) (Iwan Kurniawan/VIVAnews)
VIVAnews - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Suswoutomo, Minggu 24 November 2013, enggan menanggapi pencekalan terhadap ajudan bosnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

KPK telah melayangkan surat kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM agar mencegah ajudan Menteri ESDM Jero Wacik bernama I Gusti Putu Ade Pranjaya bepergian keluar negeri.

"Itu proses hukum yang dilakukan oleh KPK, saya tidak bisa komentar," kata Susilo saat ditemui VIVAnews usai membuka acara funbike di Kantor Kementerian ESDM Jakarta Pusat.

Susilo mengaku, tidak mengetahui secara persis dugaan keterlibatan ajudan Menteri ESDM dalam kasus suap SKK Migas yang melibatkan mantan kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini tersebut.

"Soal keterlibatannya tanya sama KPK. Kira-kira terlibatnya terkait apa saya tidak tahu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, selain mencekal I Gusti Putu Ade Pranjaya, Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, akan memeriksa Menteri ESDM Jero Wacik untuk mengungkap kasus suap di SKK Migas tersebut.

"Insya Allah akan diperiksa tapi saya tidak tahu kapan," kata Abraham saat menghadiri Rapimnas Partai Golkar, kemarin.

KPK telah mengajukan pencegahan keluar negeri terhadap empat orang saksi kasus suap dalam aktivitas di sektor hulu migas. Surat permohonan cegah itu berdasarkan Keputusan Pimpinan KPK NO: KEP-831/01/11/2013 tanggal 22/11/2013 tentang larangan bepergian ke luar negeri terhadap empat orang.

Kempat orang tersebut, yakni I Gusti Putu Ade Pranjaya (Ajudan Menteri ESDM Jero Wacik), Eka Putra (konsultan), Herman Afifi Kusumo (Presidium Masyarakat Pertambangan Indonesia), dan Deni Karmaina (Dirut PT. Rajawali Swiber Cakrawala  Oil & Energy Industry).

Juru bicara KPK Johan Budi SP menambahkan, pencegahan dilakukan untuk memperlancar proses penyidikan kasus suap di SKK Migas. (eh)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP