JK Bilang Tak Ada Krisis, Boediono Sebut Ada Indikator Krisis

Jusuf Kalla dan Boediono
Sumber :
  • Antara/ Ali Anwar
VIVAnews
Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya
– Wakil Presiden Boediono diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus dana talangan (bailout) Bank Century, Sabtu 23 November 2013. Ketika bailout Century sebesar Rp6,7 triliun dikucurkan, Boediono menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Sebelum memeriksa Boediono, KPK telah lebih dulu memeriksa Jusuf Kalla yang ketika proses bailout berlangsung menjabat sebagai wakil presiden. Ada perbedaan keterangan antara Boediono dan Jusuf Kalla soal kondisi ekonomi nasional ketika dana talangan Century dikucurkan.
Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23


Boediono dalam konferensi persnya usai diperiksa KPK menyatakan, ada indikator krisis ekonomi akan terjadi ketika itu. Itulah yang melatarbelakangi bailout Bank Century. “(Bailout) diputuskan tanggal 20 November. Itu adalah hari yang panjang. Siang menjelang sore ada undangan rapat di kantor wapres (ketika itu JK). Ternyata itu rapat besar. Saya, Menteri Keuangan (Sri Mulyani), dan pejabat-pejabat lain juga hadir,” kata dia.


Pada pertemuan itu, Boediono selaku Gubernur BI menyampaikan kondisi ekonomi dan keuangan Indonesia. “Saya sampaikan kurs melonjak, pasar uang antarbank macet, likuiditas mulai kering bagi bank-bank di Indonesia, ada
capital outflow
(pelarian modal ke luar negeri). Itu adalah indikator terhadap krisis,” ujarnya.


Sebaliknya Jusuf Kalla kepada KPK menyatakan, dalam rapat itu tak disebut adanya krisis. “Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur BI Boediono, dan beberapa menteri lain tidak menyebut ada krisis ekonomi. Semua sepakat dan menjelaskan tidak ada krisis. Aman,” kata JK.


Namun hanya berselang beberapa jam kemudian, ujar JK, Menkeu, Gubernur BI, dan sejumlah menteri menggelar rapat di Kantor Kemenkeu hingga subuh. Dalam rapat itu diputuskan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik yang harus diselamatkan agar tidak berimbas ke krisis ekonomi nasional.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya