Boediono: Saya Sudah Diperiksa KPK di Kantor Wapres

Wakil Presiden Boediono
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVAnews
Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter
– Wakil Presiden Boediono menyatakan telah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai saksi dalam kasus pengucuran dana talangan (bailout) Bank Century, Sabtu 23 November 2013.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

“Hari ini saya memenuhi kewajiban saya untuk memberikan keterangan sebagai saksi. Saya melaksanaan (pemeriksaan) ini di kantor wapres,” kata Boediono dalam konferensi persnya di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta.
Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya


Boediono mengatakan ada beberapa pertimbangan kenapa ia diperiksa di kantor wapres, bukan di KPK. “Prinsip saya, diperiksa di manapun tidak ada masalah. Pertimbangannya adalah soal logistik,” kata dia.


Sebagai wakil presiden, ke manapun ia pergi tentu disertai dengan rombongan pengawalan. “Kalau saya datang ke suatu tempat, bawa pasukan besar, pakai protokoler kenegaraan. KPK harus disterilisasi dan ini akan sangat mengganggu kinerja di sana,” kata Boediono.


Oleh sebab itu daripada mengganggu yang nantinya bisa diinterpretasikan salah sebagai bentuk intervensi pemerintah terhadap KPK, maka dengan persetujuan KPK pemeriksaan dilakukan di kantor wapres. Hari Sabtu pun sengaja dipilih sebagai jadwal pemeriksaan karena merupakan hari libur sehingga Boediono bebas dari berbagai kegiatan kenegaraan. Pemeriksaan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB.


Untuk diketahui, ini adalah kali kedua Boediono diperiksa sebagai saksi dalam kasus Century. Sebelumnya ia pernah diperiksa pada akhir April 2010. Ketika bailout Century dikucurkan, Boediono menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Oleh sebab itu ia dianggap ikut bertanggung jawab atas digelontorkannya dana Rp6,7 triliun untuk Bank Century. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya