Kampung Rapi, Jakarta Layak Huni

Warga Ria Rio Dipindah Ke Rusun Pinus Elok
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing
  - Berbenah dan terus berbenah untuk menajadikan Jakarta sebagai kota yang lebih baik sepertinya tidak hanya tugas dari Pemerintah Provinsi tetapi semua itu butuh dukungan dari masyarakat Jakarta sendiri.

Shayne Pattynama Beri Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Sebagai sebuah ibukota Jakarta memang sudah seharusnya berbenah diri terutama soal penataan hunian yang rapi dan layak huni. Sehingga program "wisata kampung kumuh" di Jakarta yang sempat menjadi heboh beberapa tahun lalu akan berganti dengan "wisata kampung rapi" ala Jakarta.
Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan


Program penataan kampung dan lingkungan kumuh yang saat ini sedang berjalan dan dilakukan oleh Pemprov DKI,  setidaknya ada 392 RW kumuh di Jakarta dan pada tahun 2013 Pemprov DKI akan menata 27 lokasi kampung dengan anggaran Rp42,6 miliar dan 70 lokasi di tahun depan.


Program lainnya yang akan menjadikan wilayah Jakarta menjadi lebih rapi dan layak huni sebenarnya sudah bejalan, mungkin salah satu yang sempat menjadi pembicaraan adalah direlokasikannya warga disekitar waduk Pluit ke beberapa rumah susun yang berada tidak jauh dari wilayah tersebut.


Pembangunan rumah susun yang saat ini dilakukan oleh Pemprov DKI telah menjadi salah satu rencana kerja yang sedang digalakkan. Revisi Peraturan Gurbernur (Pergub) No. 27 tahun 2009 tentang Pembangunan Rumah Susun Sederhana telah mengeluarkan kebijiakan untuk memberikan insentif KLB (Koefisien Lantai Bangunan) untuk mendorong pembangunan rumah susun yang murah.


Bukan cuma hunian, tetapi hunian yang terintegrasi

Pembangunan rumah susun pada tahun 2013 yang dibiayai oleh APBN, APBD dengan proses dan kewajiban pengembang lelang rencananya akan membangun rumah susun sewa yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta, berikut di bawah ini rumah susun oleh pemerintah dan pengembang :

1.    APBD (proses lelang)

Jatinegara Kaum 2 blok 200 unit, KS Tubun 3 tower 524 unit, Tambora 3 tower 529 unit, pulo gebang 2 blok 160 unit, cipinang besar selatan 2 blok 200 unit.

2.    APBN

Pasar Minggu 3 tower 2300 unit, Pasar Rumput 1 tower 3220 unit, Jatinegara Barat 2 tower 560 unit (Design), Rawa Bebek 6 blok 720 unit (proses pembangunan).

3.    Kewajiban Pengembang

Pulo Gebang 2 blok 160 unit (proses penetapan pelaksanaan pembangunan), Daan Mogot 8 blok 640 (pematangan lahan), Muara Baru (Waduk Pluit) 8 blok 800 unit (penyiapan lahan), dan Muara Angke (proses design).


Sedangkan, untuk tahun 2014 Pemprov DKI berencana untuk membangun 100 blok rumah susun dengan 100 kamar di tiap blok dengan tinggi 6 lantai. Untuk memudahkan para warga yang akan tinggal di rumah tersebut Pemprov DKI pun telah menyediakan fasilitas umum yang terintegrasi yaitu pasar, kesehatan dan olah raga.
(Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya