Yusril: Kerusuhan di Ruang Pengadilan MK Jadi Pelajaran

Kursi berserakan di Gedung MK
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian

VIVAnews - Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra, menanggapi kerusuhan yang terjadi di dalam ruang Pengadilan Mahkamah Konstitusi, Kamis 14 November 2013. Yusril mengingatkan, apa pun putusan sebuah pengadilan harus dihormati oleh semua pihak.

"Putusan pengadilan betapa pun tidak menyenangkan haruslah tetap dihormati. Kita harus mendewasakan diri," kata Yusril.

Yusril mengaku prihatin dengan peristiwa itu. Menurutnya, semua pihak yang terkait dalam sebuah perkara, bisa menahan diri. Kerusuhan yang terjadi akibat ketidakpuasan salah satu pihak atas putusan MK dalam sengketa Pilkada Provinsi Maluku itu, kata Yusril tidak perlu terjadi.

"Sepanjang hidup, saya pun sering tidak puas dengan putusan pengadilan. Namun saya selalu menahan diri, dan juga menahan teman-teman, klien dan pendukung agar jangan buat masalah di pengadilan," tuturnya.

"Kami juga tetap berdiri ketika majelis meninggalkan sidang, walau tak puas dengan putusannya," ujar dia.

Mantan Menteri Hukum dan HAM itu berharap apa yang terjadi di MK Kamis kemarin harus menjadi pelajaran bagi seluruh pihak agar menghormati proses hukum, meskipun hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

"Sehingga kita tetap dapat menyebut diri kita sebagai bangsa yang beradab dan menjunjung tinggi prinsip negara hukum," kata dia.

Sekelompok pendukung salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, masuk ke ruang siang Mahkamah Konstitusi dan membuat kerusuhan. Ruang sidang Mahkamah Konstitusi diacak-acak.

Kerusuhan terjadi dalam sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Provinsi Maluku.

Mereka mengamuk karena tidak puas dengan putusan majelis hakim yang menyatakan tidak dapat menerima secara keseluruhan permohonan PHPU itu. Mereka mengamuk sejadi-jadinya. Mereka melempar mikrofon ke arah majelis hakim. Beruntung, tidak mengenai satu pun dari anggota majelis. [Lihat aksi beringas mereka ]

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

(ren)

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024