Polisi Masih Terus Buru Para Pelaku Kericuhan MK

Kursi berserakan di Gedung MK
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian
VIVAnews -
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
Kepolisian hingga kini masih melakukan penyelidikan terkait kericuhan yang terjadi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis 14 November 2013.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat, AKBP Tatan Dirsan, mengatakan bahwa pihaknya kini tengah memburu pelaku lain yang diduga ikut dalam kericuhan tersebut. "Pihak Polda
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?
backup kita, tim di lapangan sedang melakukan pengejaran," ujar Tatan.


Dia menuturkan sekitar 15 orang sudah sudah diamankan polisi untuk diminta keterangannya, termasuk Calon Wakil Gubernur Maluku, Daud Sangadji. "Ini dua orang dari pihak tergugat dan 13 orang pihak penggugat," ujar Tatan.


Menurutnya, 15 orang yang diamankan termasuk Daud, statusnya masih saksi dan hingga kini masih menjalani pemeriksaan. "Seluruhnya masih saksi tergantung pemeriksaan, nanti kita kaitkan dengan petunjuk, keterangan saksi dan bukti-bukti yang kita sita," kata Tatan.


Polisi sendiri sudah mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk rekaman CCTV. Diketahui dari 15 orang saksi tersebut, ada dua orang yang terlihat dari rekaman CCTV. "Kita akan kembangkan siapa saja yang terlibat langsung di rapat sidang termasuk di aula rapat ruang sidang," ucapnya.


Sebelumnya, terjadi kericuhan ketika sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Provinsi Maluku. Massa yang diduga tidak puas dengan keputusan majelis hakim, merangsek masuk ke ruang sidang.


Sejumlah fasilitas seperti kursi dan podium lalu dirusak oleh massa. Massa bahkan sempat mengeluarkan kata-kata kasar serta melempar
microphone
ke arah hakim. Beruntung para hakim segera mengamankan diri ke dalam ruang tunggu hakim.


Kasus ini kini dalam penyelidikan Polres Jakarta Pusat. Polisi juga telah mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain kaca, papan
whiteboard
, LCD dan juga kursi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya