Dampak Topan Haiyan di Indonesia

Tim relawan membawa jenazah korban topan Haiyan di Filipina
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVAnews - Badai topan dahsyat, Haiyan, menerjang Filipina Tengah, Jumat 8 November 2013. Meski tidak seburuk negara tetangga, sebagian wilayah Indonesia terkena dampaknya.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah yang terkena dampak siklon tropis Haiyan itu adalah wilayah Indonesia bagian utara, seperti: Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Kalimantan Utara.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

"Itu pun tidak sampai hujan lebat berhari-hari, gelombang tinggi, maupun angin kencang," jelas Achmad Zakir, Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG.

Bila dilihat dari pergerakannya, pola umum pergerakan siklon tropis di Samudera Pasifik barat laut adalah dari timur ke barat dengan kecenderungan berbelok ke utara menuju daratan China dan Jepang. Sehingga dapat dipastikan bahwa siklon tropis di wilayah ini tidak akan melintasi wilayah Indonesia.

Dia menambahkan, rata-rata ada tiga siklon tropis yang terjadi di bulan November. Sementara Super typhoon Haiyan adalah siklon tropis kedua yang tumbuh pada bulan November ini. "Artinya, secara klimatologis masih ada peluang satu siklon tropis lagi yang dapat tumbuh di bulan ini," jelasnya.

Super typhoon Haiyan merupakan siklon tropis ke-30 yang tumbuh Samudera Pasifik barat laut sepanjang tahun 2013. Rata-rata pertumbuhan siklon tropis di wilayah ini adalah sebanyak 27 kejadian per tahun.

Dari catatan historisnya sejak tahun 2000 hingga 2013 di wilayah Samudera Pasifik bagian barat telah tumbuh sebanyak 5 super typhoon yaitu Jangmi (September 2008), Nida (November 2009), Megi (Oktober 2010), Lekima (Oktober 2013), dan yang saat ini sedang terjadi yaitu Haiyan (November 2013).

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Sementara Super typhoon yang berkategori 5 hanya Megi dan Haiyan dan keduanya melintasi kepulauan di Filipina. (umi)

Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegah Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024